Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

CEO Rakyat Merdeka Group, Kiki Iswara Darmayana

Ombak Besar Covid Telah Melahirkan Banyak Tokoh Hebat

Kamis, 29 September 2022 06:40 WIB
Direktur Utama Rakyat Merdeka/CEO RM Group, K kiki Iswara Darmayana. (Foto: Tim RM).
Direktur Utama Rakyat Merdeka/CEO RM Group, K kiki Iswara Darmayana. (Foto: Tim RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama Rakyat Merdeka/CEO RM Group, Kiki Iswara Darmayana mengungkapkan rasa bahagianya lantaran banyak tokoh hebat yang berkumpul dalam Rakyat Merdeka (RM) Award 2022, untuk Indonesia Pulih & Bangkit. Kiki mengingatkan, dua setengah tahun, hidup kita dicekam rasa takut. Banyak kesedihan. Situasi diombang-ambing ketidakpastian.

"Kita didera badai dan ombak besar akibat pandemi Covid-19, tapi ada pepatah mengatakan, pelaut hebat tidak lahir dari ombak yang tenang," ujarnya, saat memberikan sambutan dalam Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Indonesia Pulih & Bangkit, di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, tadi malam.

Kiki menilai, ombak besar Covid telah menunjukkan ada banyak tokoh hebat di Indonesia. Yaitu, mereka yang berkontribusi besar, bekerja keras, siang malam. Bahkan, banyak yang tidak mengenal hari libur. Mereka mendedikasikan diri dan hidupnya untuk memulihkan dan menyehatkan negara.

Baca juga : Ombak Besar Covid Buktikan Banyak Tokoh Hebat Di Indonesia

"Ada yang kerja luar biasa cepat. Sampai-sampai membangun rumah sakit hanya dalam hitungan hari. Ada yang pontang panting mencari vaksin, mencari alat kesehatan, bernegosiasi dan melakukan lobi-lobi internasional," tuturnya.

Dengan jejaring diplomasi yang hebat, Indonesia akhirnya bisa mendapatkan vaksin dan alat kesehatan, sehingga banyak nyawa bisa diselamatkan. "Kini, dunia mengakui vaksinasi kita termasuk lima besar, dan penanganan Covid-nya termasuk yang terbaik di dunia," ucap Kiki, disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Selain itu, dilanjutkan Kiki, untuk memulihkan perekonomian, banyak tokoh perbankan jungkir balik memikirkan program-program terbaik agar kondisi ekonomi tetap terjaga. Di BUMN, semua jajaran siang malam juga putar otak mengatasi kesulitan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Juga tidak pernah ada rumusannya. "Tetapi, kesulitan seringkali melahirkan banyak solusi dan kreativitas tanpa batas," ungkap Kiki.

Baca juga : `Polisi Tidur` Di Sunter Makan Banyak Korban

Selain itu, ada perusahaan yang selama krisis, justru menunjukkan performa luar biasa. Pendapatannya naik berlipat ganda. Ada juga perusahaan yang sakit dan sekarat, justru sembuh di kala pandemi.

Kiki juga memuji kebijakan gas dan rem yang dinavigasikan oleh Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional di bawah arahan Presiden Jokowi. Hal itu dinilai Rakyat Merdeka sebagai langkah brilian. Kesatuan komando dari pusat hingga ke daerah, menjadikan Indonesia cepat pulih, hanya dalam jangka waktu 5 kuartal saja.

"Kebijakan gas dan rem kini dikenal dunia karena keberhasilannya. Di saat negara lain melambat pertumbuhannya, Indonesia justru bergerak positif. Ini adalah kerja koordinasi dan sinergi di bidang ekonomi yang patut diberikan apresiasi," beber Kiki, yang kembali disambut riuh tepuk tangan.

Baca juga : Praktisi: Bisnis Data Center Telkom Melalui NeutraDC Bakal Tumbuh Pesat

Sejumlah perusahaan perbankan dan teknologi, turun, menolong usaha rakyat. Mereka bergerak aktif membantu pendanaan, mengajari digitalisasi dan membimbing sampai mandiri. Usaha rakyat yang dibantu itu, bukan hanya di perkotaan. Tetapi juga petani di daerah, dan kawasan sekitar hutan. "Program Makmur, misalnya, telah menjadi ekosistem yang terintegrasi dan mampu mensejahterakan petani," terangnya, memberi contoh.

Contoh lain, program perhutanan sosial, dinilai bisa mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan produktivitas masyarakat di sekitar hutan, selama masa pandemi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.