Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tragedi Di Atas Pesta

Kamis, 22 September 2022 06:40 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Bukan hangat lagi. Tapi panas. Ada saja manuver politik yang muncul setiap hari yang kian memanaskan suhu politik. Ini kurang sehat.

Ada yang merasa dijegal, ada yang merasa belum yakin dengan rekan koalisinya. Ada pula yang elektabilitasnya tinggi, tapi belum punya tiket dan tidak punya perahu parpol. Harap-harap cemas.

Baca juga : Pilpres Dan Keteladanan

Atau sebaliknya, elektabiltasnya rendah, tapi statusnya “pemilik partai”. Tiket aman. Sudah di tangan. Tapi perlu booster beberapa kali. Sementara di kamar sebelah, ada yang ngintip peluang sambil menunggu dan berdoa, “semoga tiket itu jadi milikku”.

Inilah yang terjadi dalam jagad politik Indonesia, beberapa tahun jelang pemilu. Saling menjatuhkan. Gaduh. Ribut. Yang diributkan dan diperebutkan soal jasa dan kehebatan, “siapa yang bangun mercu suar di tengah lautan, atau siapa yang bangun rumah kosong itu”.

Baca juga : Teka-Teki Pasca Covid

Semua saling serang dan sindir. Ingin menonjolkan kehebatan masing-masing. Yang lain mencari dukungan kanan-kiri, bikin tim-itu, seolah-olah pemilu digelar besok pagi.

Rakyat dan “cukong” menyaksikan si A sibuk ketemu si B, si B ketemu si C, si C bingung mau ketemu siapa, dan seterusnya. Yang dibicarakan, menu dan kursi serta siapa yang akan duduk di kursi itu. Sementara kayu, paku, amplas dan catnya belum jelas siapa yang menyiapkan. Begitu saja dari pemilu ke pemilu.

Baca juga : Bagaimana Setelah Bjorka?

Belum ada ide atau gagasan-gagasan besar bagaimana bangsa ini ke depan. Mau dibawa kemana. Untuk urusan petani, nelayan atau korupsi misalnya, dari dulu selalu ada “gagasan besar”, paling tidak di “visi-misi”, tapi, ya… relatif begitu-begitu saja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.