Dark/Light Mode

Presdir Astra Tokoh Penggerak Industri Kecil Manufaktur

Jaksa Agung Tokoh Restoratif Justice Dan Pemberantasan Korupsi

Selasa, 4 Oktober 2022 06:40 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro.
Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro.

 Sebelumnya 
Sementara, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Djony Bunarto Tjondro meraih penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Industri Kecil Manufaktur. Penghargaan ini diberikan karena Djony melakukan berbagai inovasi yang membawa Astra bangkit dari pandemi. Mulai dari pemanfaatan teknologi digital, membuat produk baru, sampai menjajaki kolaborasi yang menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

Baca juga : ST Burhanuddin, Tokoh Restorative Justice dan Pemberantasan Korupsi

Astra juga mendukung perkembangan UMKM. Astra memiliki empat pilar kontribusi sosial berkelanjutan, yakni kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan. Pada pilar kewirausahaan (Astra Kreatif), Astra membina UMKM melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dengan komitmen mendorong peningkatan kualitas UMKM di Tanah Air dan mengembangkan desa-desa.

Baca juga : Djony Bunarto Tjondro, Tokoh Penggerak Industri Kecil Manufaktur 

Terdapat sejumlah program dalam pengembangan UMKM, yaitu pelatihan, pendampingan, fasilitas pemasaran dengan memfokuskan pada sektor manufaktur, bengkel, kerajinan, dan pertanian. Sejak berdiri 1980, hingga Juni 2021, YDBA telah membina 11.695 UMKM dan secara tidak langsung turut menciptakan 70.597 lapangan kerja melalui UMKM yang difasilitasinya.

Baca juga : Tarif Batal Naik, Pengusaha Angkutan Sungai Dan Penyeberangan Gigit Jari

Astra juga terus meningkatkan Tingkat Kandungan Lokal Dalam Negeri (TKDN). Saat ini TKDN atau kandungan lokal mobil dan sepeda motor yang diproduksi Grup Astra sudah di atas 80 persen. Strategi yang ditempuh dalam meningkatkan TKDN adalah dengan melibatkan pemasok komponen lokal yang menjadi utama. [USU/DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.