Dark/Light Mode

Pangkogabwilhan II Marsda Novyan Samyoga Meninggal, Andi Gani: Dia Sosok Yang Rendah Hati

Selasa, 4 Oktober 2022 11:25 WIB
Pangkogabwilhan II Marsda Novyan Samyoga. (Foto: Ist)
Pangkogabwilhan II Marsda Novyan Samyoga. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar duka datang dari TNI Angkatan Udara (TNI AU). Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsda Novyan Samyoga meninggal dunia di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (3/10) malam.

Presiden Komisaris BUMN PTPP Andi Gani Nena Wea ikut berbelasungkawa atas kabar duka tersebut. Andi Gani mengaku sangat kehilangan atas wafatnya Pangkogabwilhan II Marsda Novyan Samyoga.

Andi Gani menuturkan, sangat dekat dengan Novyan Samyoga sebagai sahabat. Menurutnya, sosok Novyan begitu rendah hati, sederhana, dan sahabat yang sangat perhatian.

Baca juga : Masako Kenalkan Varian Baru Dengan Kadar Garam Rendah dan Rasa Gurih

"Sejak beliau menjabat sebagai Ajudan Wakil Presiden Boediono, kami bersahabat baik. Kami juga sempat berkomunikasi beberapa hari sebelum akhirnya beliau wafat," katanya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (4/10).

Andi Gani menuturkan, Novyan sangat fokus dan banyak memberikan masukan saat PTPP melakukan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo. Saat itu Novyan merupakan Komandan Lanud Adisutjipto 

"Beliau banyak memberikan advice bagi PTPP dalam pembangunan bandara baru," ungkapnya.

Baca juga : Senin, Sandi Dilaporin Ke Mahkamah Partai

Untuk diketahui, dalam riwayat jabatan kemiliterannya, Novyan pernah menduduki posisi strategis di lingkungan TNI. Pada 2015-2016, Novyan mengemban posisi Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I dan Komandan Lanud Adisutjipto pada 2018-2019.

Selanjutnya, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara pada 2018-2019 dan Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI pada 2019. 

Lalu Wakil Inspektur Jenderal TNI pada 2019-2020, Panglima Komando Operasi Angkatan Udara III pada 2020-2021, Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional pada 2021-2022, dan terakhir Kepala Staf Koopsudnas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.