Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Keren, Seniman Ini Bikin Lukisan Jokowi Sebagai Juru Damai Rusia-Ukraina

Minggu, 9 Oktober 2022 13:20 WIB
Potret lukisan Presiden Joko Widodo sebagai Juru Damai Rusia Ukraina yang dipamerkan di Linda Galery 33 Auction jalan Brawijaya Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Sabtu (8/10).
Potret lukisan Presiden Joko Widodo sebagai Juru Damai Rusia Ukraina yang dipamerkan di Linda Galery 33 Auction jalan Brawijaya Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Sabtu (8/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Seniman, Fitra Jaya Nusananta kembali mengembangkan karya seninya melalui lukisan kanvas.

Kali ini, Presiden Jokowi menjadi salah satu model lukisan terbarunya dalam coretan kanvasnya sebagai ‘Juru Damai Rusia-Ukraina’ yang dipamerkan di Linda Galery 33 Auction jalan Brawijaya Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Sabtu (8/10).  

Sang pelukis menjelaskan, makna goresan diatas kanvas lukisan itu berdasarkan keresahan tentang perang yang terjadi di Rusia dan Ukraina serta rasa bangga terhadap Indonesia, khususnya Presiden Jokowi yang mencoba menjadi juru damai antara Rusia dan Ukraina. 

Baca juga : Ketua MPR Serukan Penyelesaian Damai Konflik Rusia-Ukraina

Dikatakan Fitra, lukisan kanvas sepanjang 490 cm dan tinggi 145 cm yang terdiri dari 3 kanvas ini dibuat dalam waktu satu minggu. 

“Melalui karya ini, Jokowi sebagai juru damai menyampaikan kepada kedua pemimpin negara tersebut, untuk menghentikan perang yang telah memakan banyak korban dan kerugian, baik di kedua negara tersebut, dan berimbas pada dunia,” ujar Fitra dalam keterangannya, Minggu (9/10). 

Selain lukisan Fitra, Linda Galery 33 Auction juga memamerkan beberapa karya seni dari beberapa pelukis ternama di Indonesia. Dengan pengalaman bertahun tahun di bidang seni dan memiliki beberapa gallery yang berada di Singapura dan Beijing, Linda Galery 33 Auction berusaha menyuguhkan karya seni yang indah. 

Baca juga : Tekan Kemiskinan Ekstrem, Ini Jurus Pemerintah

Karya I Nyoman Nuarta yang sangat terkenal dan fenomenal disusun rapih di setiap pojok ruangan Linda Galery 33 Auction 

“Bukan sekali saja Fitra bekerja sama dengan Linda Galery 33 Auction. Pernah melakukan pameran tunggal di daerah Menteng Jakarta Pusat, dan disupport oleh dr. Oei Hong Djien kolektor asal Magelang, Jawa Tengah. Semoga para penikmat lukisan menyukai semua karya Fitra yang fenomenal ini,” ujar Produser dan Perwakilan Linda Galery 33 Auction, Harry Oktavia. 

Seperti ketahui, Fitrajaya Nusananta adalah seniman yang sempat tinggal di kota Leiden, Belanda selama 20 tahun. Gaya lukis Fitra yang menyeruak bentuk, warna dan garis, dengan goresan timbulnya, menghadirkan konsep deskriptif dalam memuat ikon yang ada dalam gagasan yang dia tuangkan dalam tiap keping kanvasnya. 

Baca juga : Jokowi Senangkan Rakyat

Seniman berdarah Jambi dan Sumatra Barat ini berhasil menyelesaikan program master pada tahun 2003 pada bidang Master Artistic Research dan Pendidikan Bahasa Sastra dan Seni di Sekolah kesenian Den Haag, Belanda dan Universitas Negeri Padang (UNP) tahun 1993.. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.