Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sabam Sirait, Tokoh Besar Luar Biasa Yang Menghargai Generasi Muda

Jumat, 14 Oktober 2022 09:00 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menilai, Sabam Sirait bukan saja tokoh penting dan tokoh besar, tetapi seorang tokoh luar biasa.

Sabam disebutnya fenomenal dalam perjuangan, kiprah, pemikiran dan keteladanan. Dalam bukunya “Politik itu Suci” hampir separuh lebih menggambarkan dirinya.

“Saya kira dengan membaca bukunya, sangat penting buat setiap anak muda Indonesia, tidak saja mereka yang mau terjun politik tetapi bisa inspirasi setiap orang," ujar Hanta Yuda dalam Webinar in Memoriam: Sabam Sirait di Mata Pemuda yang diselenggarakan GAMKI, Kamis (13/10) malam.

Baca juga : Chelsea Olivia, Siapkan Anak Generasi Alfa

Hadir sebagai pemateri dalam acara itu seperti Menkumham Yasonna Laoly, Raja Juli Antoni (Wakil Menteri ATR/BPN RI), Sunanto (Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah), Stefanus Asat Gusma (Ketua Umum Pemuda Katolik), Ahmad Nawawi (Ketua Umum Gema Metlaul Anwar) dan Hanta Yuda (Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia).

Biasanya, kata Hanta, persepsi nyemplung ke politik itu identik dengan mengotori diri karena terjebak dalam ruang gelap dan identik licik.

Namun ternyata, oleh Sabam Sirait mempraktikkan politik yang suci, sama dengan profesi yang lain. Ia mengagumi Bung Karno yang pernah mengatakan bahwa politik dalam arti memperjuangkan kemerdekaan, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Karena itu itulah politik itu jadi suci.

Baca juga : Tragedi Kanjuruhan Dan 4 Hal Yang Mempengaruhi Dampak Gas Air Mata

Selama perjalanan hidupnya selama 85 tahun, hal ini diterapkan dalam hidupnya. Sabam Sirait bukan orang biasa. Jejak pemikiran dan perjuangan menginspirasi Indonesia, tidak hanya putranya saja tapi bagi bangsa Indonesia, khususnya anak-anak muda.

Dinamika politik yang dijalani sejak muda menjadikannya teguh berpijak dan konsisten.

"Saya punya kesan, beliau sangat menghargai yang muda, tidak sungkan bertanya ke saya yang masih junior," ujarnya, kagum.

Baca juga : Muhammadiyah Apresiasi Kejagung Atas Penghargaan Internasional Yang Diraihnya

Sekarang, banyak politisi karbitan. Namun Pak Sabam paripurna dari berbagai zaman dan fase. Teladan dan melahirkan pemikiran konkrit. Meski menempuh jalan senyap, tapi jalan politiknya membekas. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.