Dark/Light Mode

Sabam Sirait, Tokoh Besar Luar Biasa Yang Menghargai Generasi Muda

Jumat, 14 Oktober 2022 09:00 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Sabam Sirait bukan orang biasa, dia salah satu orang yang membesarkan Jokowi. Tidak hanya itu, tidak cukup melakukan interupsi sidang MPR, ia melakukan terobosan politik di era Orde Baru yang kerap menantang dan keberaniaanya memotivasi generasi saat ini. Jejak pemikiran dan perjuangannya langka.

“Saya kira, sama seperti dikatakan Prof Yasonna, nilai-nilai yang ditinggalkan Bang Sabam ini merasuk ke politisi bangsa ini, terutama anak muda yang memiliki misi politik. Pak Sabam jadi guru kita, meski relative senyap tapi meninggalkan jejak perjuangan yang luar biasa. Ia inspirator bagi kita semua,” pujinya.

Baca juga : Chelsea Olivia, Siapkan Anak Generasi Alfa

Kata Hanta Yuda, tokoh ini memang beda, selain mengabdi bersama 7 presiden, pemikirannya konsisten, bahkan dipercaya mengemban berbagai jabatan sejak mahasiswa.

Saat terakhirnya pun masih pejabat negara. Ia berkarakter kuat, orangnya tenang dan pikirannya selalu tajam.

Baca juga : Tragedi Kanjuruhan Dan 4 Hal Yang Mempengaruhi Dampak Gas Air Mata

"Saya pernah duduk satu forum di salah satu stasiun tv sebagai narasumber. Orangnya tenang, tapi penyampaiannya tajam. Teguh dengan kebenaran yang diyakini. Tidak gentar berdebat dengan siapapun. Tak dapat dipungkiri, Pak Sabam punya kontribusi besar dalam politik itu suci, satu panduan satu kompas perjalanan politik ke depan,” imbuhnya.

Sabam Sirait mencintai Tanah Air sama seperti Bung Karno. Dirinya selalu mengutamakan bangsa di atas kepentingan kelompok maupun kepentingan pribadi.

Baca juga : Muhammadiyah Apresiasi Kejagung Atas Penghargaan Internasional Yang Diraihnya

"Pak Sabam menjejakkan membuat sejarah. Sampai akhir terus memotivasi untuk kemaslahatan umat. Amal baktinya akan mengalir terus," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.