Dark/Light Mode

Duh, 152 Anak Alami Ginjal Akut Di 16 Provinsi

Jumat, 14 Oktober 2022 20:25 WIB
Ilustrasi perbedaan kondisi ginjal. (Foto CMIhospital.com)
Ilustrasi perbedaan kondisi ginjal. (Foto CMIhospital.com)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melaporkan kasus gangguan ginjal misterius per 14 Oktober di Indonesia mencapai 152 orang. Lonjakan kasus bulanan tertinggi tercatat terjadi pada September 2022 dengan 76 kasus yang dilaporkan.

Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI Piprim Basarah Yanuarso mengatakan, temuan ratusan kasus itu didapatkan dari 16 provinsi di Indonesia.

Baca juga : 131 Anak Alami Gagal Ginjal Akut, Air Urine Tiba-tiba Turun Drastis

Temuan kasus terbanyak terjadi di DKI Jakarta dengan 49 kasus, kemudian Jawa Barat 24 kasus, dan Sumatera Barat 21 kasus.

Ia menambahkan, 152 kasus tersebut tersebar di 16 provinsi. Yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Banten, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Aceh, Sumatera Barat, Jambi Kepulauan Riau, Papua Barat, Papua, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca juga : Maling Kentut Di Muka Polisi

"Sejak pertengahan September 2022, IDAI telah berkoordinasi dalam rapat mingguan bersama ketua-ketua IDAI cabang dan mendapatkan laporan dari anggota terkait dengan adanya peningkatan kasus anak dengan gangguan ginjal akut yang progresif," kata Piprim, saat konferensi pers daring, Jumat (14/10).

Piprim melanjutkan, dari 152 pasien tersebut, terbanyak usia 1-5 tahun, yakni 75 kasus. Disusul 35 kasus pada anak usia 0-1 tahun, lalu 24 kasus pada anak usia 5-10 tahun. Serta ditemukan 18 kasus pada golongan usia di atas 10 tahun. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.