Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Makan Siang Terakhir Di Kantor

Anies Melahap Gudeg, Opor Telor Dan Kerupuk

Sabtu, 15 Oktober 2022 06:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan makan siang dengan lauk gudeg, di Balai Kota, kemarin. My last, ini makan siang di kantor yang penghabisan, kata Anies.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan makan siang dengan lauk gudeg, di Balai Kota, kemarin. My last, ini makan siang di kantor yang penghabisan, kata Anies.

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memanfaat­kan hari terakhirnya ngantor di Balai Kota dengan sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah memamerkan menu makan sian­gnya yaitu gudeg dan opor telur. Di depan wartawan, Anies lahap memakan menu tersebut.

Sekitar pukul 1 siang, atau tak lama setelah salat Jumat, Anies mengundang wartawan datang ke ruang kerjanya. Saat tiba, Anies yang tampil dengan batik lengan panjang bercorak coklat lalu mengajak awak media ke ruang makan yang berada tepat di belakang ruang kerjanya. Anies rupanya ingin memamerkan menu makan siang terakhirnya di balai kota.

Di atas meja, sudah tersaji ber­bagai hidangan khas nusantara. Ada nasi putih, gudeg, ada opor telor, ada sup ikan, dan kerupuk. Segelas air putih dan secangkir kopi yang sudah tersisa sedikit juga terhidang di atas meja. ­

"Makan, ya. Sup ikan Manado fa­vorit saya. Kalau gudeg, teman masa kecil," ajak Anies.

Baca juga : Gubernur Anies Berbenah Barang Pribadi

Eks Mendikbud itu lalu menunjuk ke sup ikan berjuang bening. "Saya suka yang segar. Ini dari Manado," ungkapnya.

Anies mengaku kerap berganti menu makanan setiap harinya. Biasanya, ia meminta, menu-menu makanan dari restoran yang berjarak tak jauh dari kantornya.

"Menunya gonta-ganti sih. Jadi gini ceritanya, saya minta dibuatin daftar makanan yang ada di radius 20 menit di sini, supaya gampang nyarinya kan. Ternyata 20 menit dari sini banyak sekali," kata Anies.

Usai memilih makan yang diingink­an, Anies meminta tolong kepada stafnya untuk mengambil makanan tersebut. "My last meal, ini makan siang di kantor yang penghabisan," ujar Anies sambil menyantap dengan lahap.

Baca juga : KAI Akan PK Putusan Kasasi Sengketa Tanah Di Kelurahan Garuda, Kota Bandung

Awak media berebutan mengabadi­kan momen ini. Kata Anies, kadang makanan itu dipesan. Kadang tim dapur beli langsung biar lebih cepet. "Kadang saya pergi sendiri," tuturnya.

Selain memamerkan menu makan siangnya, Anies juga mengadakan sejumlah agenda di hari terakhirnya. Pagi-pagi, Anies memberikan apresiasi untuk Rumah Sakit di DKI Jakarta dan penandatanganan MOU PT TransJakarta dan PT Kimia Farma Diagnostika. Selanjutnya, Anies men­jadi Keynote Speech pada acara penan­datanganan perjanjian kerjasama PAM Jaya dan PT. Mayo Indonesia sebagai mitra kerja sama penyelenggaraan sistem penyediaan air minum.

Jelang sore Anies juga sempat menemui pendemo di depan Balaikota. Anies mengajak pendemo dan ke­amanan untuk duduk lesehan memba­has tuntutan-tuntutan mereka.

Sekitar pukul 3 sore, Anies mengadakan, perpisahan dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI. Dalam acara itu, Anies memamerkan sederet prestasi yang pernah diraih oleh Jakarta di penghujung masa jabatannya. Menu­rutnya, prestasi yang ditorehkan Kota Jakarta tidak bisa dibeberkan dalam waktu singkat.

Baca juga : KPK Tetapkan 5 Tersangka Kasus Suap Pemeriksaan Laporan Keuangan Sulsel

Anies mengaku, kerap kekurangan waktu menceritakan seluruh prestasi yang dicapai Jakarta, mulai dari sek­tor transportasi, kegiatan seni, hingga pelayanan untuk masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.