Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Buka Seminar APPSI, Gubernur Anies Berharap Integrasi Berjalan Baik

Senin, 20 Juni 2022 20:14 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat membuka secara resmi Seminar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Gedung Raya Semarak, Bengkulu, Minggu (19/6).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat membuka secara resmi Seminar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Gedung Raya Semarak, Bengkulu, Minggu (19/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka secara resmi Seminar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Gedung Raya Semarak, Bengkulu, Minggu malam (19/6). Dalam pembukaan itu turut hadir pula Menkopolhukam RI, Moh. Mahfud MD beserta jajaran; Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah; serta para peserta yang terdiri dari utusan masing-masing Pemerintah Daerah.

Dalam sambutannya, Gubernur Anies mengapresiasi Menkopolhukam serta Gubernur Bengkulu sebagai tuan rumah yang menyambut seluruh utusan dari seluruh anggota APPSI.

“Kita bersama hadir di dalam sebuah seminar yang memiliki tema strategis untuk perjalanan bangsa dan negara. Maka dari itu izinkan kami atas nama APPSI terima kasih kepada Menkopolhukam dan jajaran yang telah hadir. Karena sebuah kehormatan bagi kami, serta kami terima kasih kepada Gubernur Bengkulu yang menjadi tuan rumah,” ujarnya.

Baca juga : Bamsoet Puji Kesuksesan Korem Wira Satya Amankan Berbagai Event Internasional Di Bali

Seminar mengambil tema “Menjaga dan Membangun Integrasi Nasional”, yang dinilai Gubernur Anies menjadi reflektif terkait tugas dan tanggung jawab para anggota APPSI.

“Tema yang diangkat mengingatkan peran dari  APPSI yang di satu sisi memiliki tanggung jawab untuk menjalankan program pembangunan masing-masing wilayah dengan baik. Di sisi lain pemerintah provinsi menjadi garda depan bagi pemerintah pusat untuk menjalankan fungsi-fungsi yang harus dilaksanakan di tingkat daerah,” terangnya.

“Maka dari itu penting bagi kami melihat dinamika yang terjadi dan bagaimana kita bisa memastikan bahwa integrasi nasional benar-benar berjalan dengan baik,,” tambah Gubernur Anies.

Baca juga : Papua Akan Bangun Sirkuit Balap Internasional, Bamsoet Dukung Penuh

Gubernur Anies turut memaparkan pentingnya integrasi nasional yang menempatkan persatuan sebagai unsur utama.

“Dan ini (integrasi nasional) penting sekali pada saat ini. Karena kita saat ini mengalami kemajuan di berbagai sektor dan pada saat yang sama kemajuan itu tidak terjadi sama di semua sektor. Ada yang pesat dan ada yang lambat. Ini memberikan tantangan pada kita agar kita bisa mempertahankan dan saling menguatkan,” terang Gubernur Anies.

Kemudian, Gubernur Anies juga berharap tujuan tercapainya stabilitas nasional dapat terwujud dengan bekal integrasi.

Baca juga : NU Bakal Gelar 2 Kegiatan Berskala Internasional

“Kita berharap unsur mendasar (yaitu) memastikan stabilitas nasional dapat terjadi. Karena itu dalam seminar ini kita akan mendapatkan arahan dari Pak Menkopolhukam tentang bagaimana kita mengarungi ke depan, terlebih yang hadir di sini adalah asisten bidang pemerintahan dan kepala biro pemerintahan yang akan menerjemahkan arahan Bapak dan apa yang menjadi bahan seminar untuk bekal integrasi betul-betul terjaga,” tandasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.