Dark/Light Mode

Survei Lingkaran Suara Publik

Prabowo Diterima Baik Pemilih Ganjar Maupun Anies

Senin, 17 Oktober 2022 10:47 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Lingkaran Suara Publik (LSP) merilis survei elektabilitas calon presiden 2024. Hasilnya, elektabilitas Prabowo Subianto masih berada di posisi teratas dengan perolehan 31,8 persen. Menariknya, sosok Prabowo bisa diterima baik oleh pemilih Ganjar maupun Anies.

“Prabowo dapat diterima baik dari pemilih Ganjar maupun pemilih Anies. Kesan Prabowo sebagai tokoh pemersatu dapat diterima,” ujar Direktur Riset dan Kajian LSP, Indra Nuryadin, melalui keterangan tertulis yang diterima RM.id, Senin (16/10).

Di survei kali ini, kata Indra, pihaknya ingin mencari tahu apa yang paling diketahui publik tentang beberapa tokoh bila disebutkan namanya. Salah satu temuan, yang menarik Prabowo dapat diterima baik dari pemilih Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan.

Baca juga : Menteri Basuki Persembahkan Wajah Baru Taman Mini

Survei membuktikan, kesan yang ditangkap oleh publik mengenai Prabowo, adalah sosoknya sebagai Menteri Pertahanan yang loyal kepada Presiden Jokowi. Kemudian, menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, hingga Capres pemersatu yang dianggap bisa menghilangkan pembelahan.

Tidak hanya Prabowo, Ganjar dan Anies menurutnya juga mendapatkan kesan yang baik di mata publik. Namun, kedua figur tersebut memiliki kesan yang melekat pada kubu-kubu politik tertentu.

Untuk Ganjar, kesan yang tertangkap pada publik yaitu, Gubernur Jateng yang bagus, kader PDIP yang loyal, identik dengan medsos karena sering memposting kegiatannya sebagai kepala daerah maupun aktivitas pribadinya.

Baca juga : Survei LSP Sebut Elektabilitas Prabowo Teratas

“Ganjar, salah satu Capres yang didukung oleh pemilih Jokowi sebelumnya yang diberi label “cebong”; dianggap memiliki citra identik dengan citra Jokowi,” katanya.

Sementara, kesan utama publik untuk Anies yaitu, Gubernur DKI Jakarta yang sukses, Capres yang didukung oleh pendukung Prabowo dulu yang diberi label “kadrun” oleh para pendukung Jokowi, figur cerdas, pandai bicara, dan ramah.

Nah, temuan-temuan itulah yang akhirnya disimpulkan bahwa Prabowo sebenarnya bisa diterima oleh pemilih Ganjar dan Anies. Sekalipun secara elektabilitas, Prabowo masih di atas angin. Posisi di puncak dengan angka 31,8 persen.

Baca juga : Bos Kadin: Ritel Membaik Meski Banyak Tantangan

Selanjutnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 20,4 persen, dan posisi ketiga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 11,7 persen.

Survei LSP ini dilakukan pada 1-10 Oktober 2022 dengan melibatkan 1.230 responden yang tersebar di 34 provinsi. Responden yang dipilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah.

Pengumpulan data survei dilakukan lewat wawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Margin of error survei tersebut +/- 2,8 persen dengan tingkat keyakinan 95 persen. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.