Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dijagokan PPP NTT Sebagai Capres

Pendukung Ganjar Terus Bermunculan

Selasa, 18 Oktober 2022 07:02 WIB
DPW PPP NTT menggelar deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo menjadi capres di Kupang, NTT, Minggu (16/10). (Foto: Ist)
DPW PPP NTT menggelar deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo menjadi capres di Kupang, NTT, Minggu (16/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelan tapi pasti, jumlah pengurus PPP tingkat provinsi yang resmi mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden terus bertambah.

Setelah DPW Banten, kini giliran DPW PPP NTT menggelar deklarasi dukungan, di Kupang, NTT, Minggu (16/10).

“Berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) Sabtu kemarin, di mana kami mendiskusikan berbagai hal termasuk para bakal capres, dengan  berbagai pertimbangan, tracking latar belakang, serta kemampuan tokoh, kami memutuskan memilih Bapak Haji Ganjar Pranowo sebagai capres PPP 2024,” kata Ketua DPW PPP NTT, Djainudin Lonek di sela acara deklarasi.

Menurut Djainudin, usulan resmi pencapresan Ganjar oleh DPW PPP NTT ini langsung dikirim ke pengurus partai di tingkat pusat. Pada saatnya, DPP PPP lah nanti yang akan menentukan capres definitif yang akan dibawa ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di mana PPP ikut bergabung bersama Partai Golkar dan PAN.

Baca juga : Heru Kembali Buka Balaikota Untuk Rakyat

Djainudin memastikan, keputusan akhir tentang nama capres PPP yang akan ditetapkan DPP nantinya, benar-benar sesuai dengan keinginan arus bawah. Dengan demikian, PPP bisa berharap kembali meraup dukungan pemilih di tingkat akar rumput pada Pemilu 2024 nanti.

“Untuk menjaring nama capres, PPP menggunakan mekanisme bersifat buttom up, aspirasi dari bawah kemudian ditindaklanjuti ke Pusat. Dengan demikian, PPP nantinnya akan mendapatkan nama capres yang benar-benar sesuai dengan aspirasi arus bawah,” kata Djainudin.

Di tingkat NTT sendiri, terang Djainudin, pilihan nama capres mengerucut ke Ganjar sebagai hasil penjaringan aspirasi arus bawah yang dilakukan para pengurus partai di tingkat DPC.

Tak berbeda dengan berbagai hasil survei selama ini, di lapangan, sosok Ganjar m sebagai capres memang sangat menonjol. DPW PPP NTT berkesimpulan, Ganjar merupakan capres yang paling menonjol dalam kontestasi elektoral, dan dari aspek karakter kepemimpinan memang paling mumpuni. “Karena itu kami yakin Pak Ganjar ini merupakan pilihan paling ideal bagi PPP untuk bisa optimistis maju ke kontestasi demokrasi Pemilu 2024,” ujar Djainudin.

Baca juga : Himpunan Santri Bangkalan Dukung Ganjar Presiden 2024

Di tangan Ganjar,, jelas Djainudin, program kerja pemerintahan Jokowi bisa dipastikan akan berlanjut. Ganjar juga dinilai mampu meredam polarisasi yang ada di tengah masyarakat saat ini, karena sosoknya yang nasionalis-religius dan sikapnya yang selalu mendorong moderasi beragama.

Dan dari aspek emosional-kultural, menurut Djainudin, meski merupakan kader militan PDI Perjuangan, Ganjar termasuk tokoh yang paling akrab dengan PPP. Banyak anggota keluarga Ganjar yang berkiprah di PPP. Antara lain ayah mertua, serta kakak iparnya.

“Ayah mertua beliau adalah ulama dan tokoh yang turut membesarkan PPP. Sebagai gubernur beliau juga didampingi wakil yang merupakan tokoh ulama PPP,” kata Djainudin.

Sejumlah elemen internal PPP lainnya yang telah menyatakan mendukung pencapresan Ganjar adalah DPW PPP Sumatera Utara, PPP DPW Jawa Timur DPW dan PPP Sulawesi Selatan. Tiga pengurus PPP tingkat provinsi  ini menjadikan Ganjar sebagai capres di urutan teratas dalam daftar calon hasil Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) masing-masing. Hasil Mukerwil ini akan dikerucutkan menjadi calon defenitif dalam Rapimwil yang akan digelar dalam waktu dekat.

Baca juga : Ganjar Makin Laris

Sementara DPW Banten, 13 DPC Mataraman mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar. Di organ PPP yang lebih rendah, dukungan pencapresan Ganjar juga sudah diumumkan Kader Kabah DKI Jakarta, PAC PPP se-Jakarta Selatan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.