Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Komitmen Presiden Jokowi Dan FIFA Lakukan Transformasi Sepak Bola Indonesia Diapresiasi Pakar

Sabtu, 1 Oktober 2022 11:56 WIB
Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas tentang sepak bola Indonesia di Istana Negara, Selasa (19/10). (Foto: Ist)
Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas tentang sepak bola Indonesia di Istana Negara, Selasa (19/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pakar Manajemen Prestasi Olahraga Prof Djoko Pekik Irianto menyambut baik kedatangan Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas tentang sepak bola Indonesia di Istana Negara, Selasa (19/10).

Djoko mengatakan, pertemuan tersebut merupakan sebuah momentum untuk mendorong percepatan transformasi sepak bola Indonesia sebagaimana yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional.

“Kita maknai secara positif kedatangan presiden FIFA ke Indonesia untuk membantu transformasi kita, menurut saya ini momentum yang bagus untuk kita segera mewujudkan impian kita bersama yang termaktub dalam Inpres nomor 3 tahun 2019,” ujar Djoko, Rabu (19/10).

Baca juga : Ketegasan Moeldoko Dorong Penuntasan Kasus Lukas Enembe Diapresiasi

Menurut Djoko yang juga dosen Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu, kedatangan FIFA ke Indonesia membantu pelaksanaan Inpres tersebut segera terwujud.

“Sebenarnya tanpa kehadiran FIFA pun kita harus sudah melakukan transformasi, bukankah kita sudah punya Inpres nomor 3 tahun 2019 itu tentang percepatan pembangunan sepak bola yang nampak nya sampai hari ini itu belum ada progresnya,” paparnya.

Ditambahkannya, yang tidak kalah pentingnya terkait kehadiran FIFA yang nantinya akan berkantor di Indonesia ialah menyoroti soal tragedi Kanjuruhan yang harus segera diusut tuntas.

Baca juga : Pemkot Tidore Ngarep Presiden Jokowi Hadiri Puncak Sail Tidore

“Tragedi di Kanjuruhan tetap harus diselesaikan dengan segala aspeknya, Kanjuruhan tuntaskan,” tegasnya.

Selain itu, Djoko juga memberikan pandangan mengenai undangan Presiden Jokowi untuk hadir di Piala Dunia Qatar 2022 merupakan sebuah penghormatan yang harus disambut baik juga.

“Saya kira satu hal yang bagus, jadi begini FIFA kenapa care banget terhadap Indonesia terkait dengan apapun sejak dulu kan FIFA membenci kita, kenapa begitu karena Indonesia masuk market yang besar dalam konteks industri olahraga, khususnya industri persepakbolaan,” jelasnya.

Baca juga : Pakar Dukung Presiden Jokowi Segera Lakukan Reformasi Hukum Di Indonesia

“Market yang besar sehingga itulah mengapa FIFA memberikan satu perlakuan khusus menurut saya dengan memberikan datang ke Indonesia bahkan mereka nanti akan berkantor di Indonesia sekali lagi dimaknai positif. Sehingga ayo kita dorong agar ada percepatan pembangunan sepak bola secara menyeluruh ya totalitas,” imbuh Djoko. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.