Dark/Light Mode

Meski Jokowi Tak Hadir

Musra 3 Kota Tetap Jalan

Jumat, 21 Oktober 2022 07:20 WIB
Ketua Panitia Nasional Musra, Panel Barus. (Foto: Istimewa)
Ketua Panitia Nasional Musra, Panel Barus. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Musyawarah Rakyat (Musra) gabungan relawan Joko Widodo (Jokowi) bakal kembali digelar di tiga kota secara maraton.

Diketahui, Musra perdana telah sukses digelar di Bandung Jawa Barat 28 Agustus lalu. Jokowi hadir langsung. Sementara Musra kedua di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), 2 Oktober lalu ditunda, karena Jokowi berhalangan hadir.

Ketua Pelaksana Musra Nasional sekaligus Bendahara Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Panel Barus menerangkan,kali ini Musra Relawan Jokowi akan berlangsung maraton.

Baca juga : Cari Penerus Jokowi, Relawan Gelar 10 Musra Lagi

Urutannya, Musra Ketiga di Pekanbaru, Riau pada 23 Oktober, Musra Keempat di Palembang, Sumatera Selatan pada 29 Oktober, dan Musra Kelima di Padang Sumatera Barat pada 6 November.

“Kita sebutnya tetep Musra 3, 4 dan seterusnya. Soalnya yang di Makassar, Musra 2 itu bukan gagal, tetapi ditunda. Nanti kita pikirkan pelaksanaan ulangnya,” kata Panel kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Presiden Jokowi sebagai Dewan Pembina Relawan Projo tetap diundang. Namun, Presiden hingga kini belum memastikan kehadirannya.

Baca juga : Lokasi SIM Keliling Jakarta 15 Oktober, Sabtu Tetap Melayani

“Pak Jokowi hadir atau ti­dak, Musra tetap berlangsung. Belajar dari Makassar, Pak Jokowi tiba-tiba berhalangan, padahal sudah pasti dan datang puluhan ribu relawan. Meski kecewa, tapi ujungnya tetap memahami,” ungkapnya.

Musra di tiga kota ini tak jauh berbeda dengan Musra Perdana di Bandung. Relawan dan masyarakat yang hadir akan mengikuti rangkaian acara. Dari mulai diskusi panel bahas kriteria kepemimpinan, hingga e-voting pemilihan nama calon pemimpin nasi­onal. Kini jumlah relawan yang hadir akan disamakan di setiap Musra.

“Nanti yang datang sekitar 3.000-an. Nggak kayak kema­rin sampai 27 ribuan konfir­masi mau datang di Makassar yang ditunda itu,” tambahnya.

Baca juga : Presiden Jokowi Lantik Bekas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Jadi Kepala LKPP

Apakah ini berarti daya tarik Musra sudah meredup? Ataukah karena diadakan di Sumatera yang bukan basis Jokowi sehingga pesertanya sedikit? Panel membantah pernyataan itu.

Dikatakan, dari 3.000-an relawan yang hadir itu sudah mewakili setiap kelompok relawan dan wilayah di setiap provinsi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.