Dewan Pers

Dark/Light Mode

Puncak Hari Sumpah Pemuda Dirayakan Di IKN

Menpora: Masa Depan Indonesia Ada Di Sini...

Jumat, 28 Oktober 2022 06:35 WIB
Peserta kirab pemuda tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (27/10). Mereka tiba dengan membawa bendera masing-masing provinsi yang tersebar di seluruh Tanah Air. Kehadiran mereka dalam menyemarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun 2022.(Foto: egan/kemenpora.go.id)
Peserta kirab pemuda tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (27/10). Mereka tiba dengan membawa bendera masing-masing provinsi yang tersebar di seluruh Tanah Air. Kehadiran mereka dalam menyemarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun 2022.(Foto: egan/kemenpora.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94. Puncak perayaan HSP digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap, puncak peringatan HSP ini bukan hanya seremonial, tapi menjadi momentum untuk menumbuhkan semangat bersatu dalam membangun bangsa.

Menurut politisi Partai Golkar ini, persatuan sangat penting, mengingat bangsa kita sangat rentan karena berasal dari latar belakang yang sangat beragam dan berbeda-beda. "Kebhinekaan itu harus kita pelihara supaya bangsa ini bisa eksis, NKRI tetap ada, dan menjadi negara yang maju," kata Amali, saat berbincang dengan Rakyat Merdeka, melalui sambungan telepon, kemarin.

Saat wawancara itu, Amali sedang dalam perjalanan dari Balikpapan menuju Titik Nol Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Politisi kelahiran Gorontalo ini mengungkapkan, acara puncak peringatan HSP memang sengaja digelar di IKN, dengan tujuan menumbuhkan semangat bersatu sekaligus mengajak pemuda menatap masa depan."Karena masa depan Indonesia itu ada di IKN," ujarnya.

Berita Terkait : Tiga Wakil Indonesia Tumbang Dihajar China

Dia lalu mengungkapkan mengenai tantangan yang dihadapi pemuda dan cara menghadapinya. Berikut wawancara lengkapnya:

Apa saja kegiatan untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda?

Rangkaian acaranya sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu dengan acara Bulan Pemuda. Di acara ini kita lakukan berbagai aktivitas yang melibatkan para pemuda, termasuk pemilihan-pemilihan pemuda berprestasi, kemudian pelopor, apresiasi pemuda wirausaha dan sebagainya. Banyak rangkaiannya. Setelah itu, puncaknya melakukan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-94 yang dipusatkan di IKN.

Berita Terkait : Hima Persis: Sumpah Pemuda, Momentum Kebangkitan Entrepreneur Muda Indonesia

Kenapa digelar IKN?

Peringatan HSP tahun ini memang agak spesial. Pertama kita lakukan di IKN. Karena kita ingin menatap ke depan. Para pemuda tahun 1928 itu visinya kan ke depan. Nah, kita juga seperti itu. Jadi hari ini ada kirab dari Kutai menuju IKN. Itu pesertanya para pemuda.

Kenapa pilih Kutai?

Berita Terkait : 8 Ribu Pelajar Ramaikan Festival Pelajar Nusantara 2022

Karena Kutai itu kan kerajaan Indonesia yang pertama. Sebelum ada kerajaan lain seperti Singosari, Majapahit, Sriwijaya, itu kan dulu Kutai lebih dulu. Jadi, dalam sejarah kita ingin napak tilas lah begitu dari kerajaan pertama yaitu Kutai hingga akhirnya sampai ke IKN. Dari kerajaan yang awal dulu kita, sampai masa depan kita di IKN, itu filosofi maknanya, kira-kira.

Apa hal yang spesial dari HSP kali ini?

Nah, sekarang kita baru mulai lagi melakukan kegiatan secara di lapangan setelah Covid. Tahun 2020 dan 2021 itu kita peringati HSP di dalam ruangan, hanya dengan beberapa orang. Sekarang kita sudah bisa lakukan di lapangan dengan dihadiri banyak orang. Dan, kegiatan-kegiatan road to HSP itu sudah dilakukan di lapangan semua. Saya kira, itu juga yang menjadi pembeda dengan kegiatan tahun-tahun yang lalu. Ini penting karena ada semangat yang kita bangun, yakni kebersamaan dan persatuan.
 Selanjutnya