Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puncak Hari Sumpah Pemuda Dirayakan Di IKN

Menpora: Masa Depan Indonesia Ada Di Sini...

Jumat, 28 Oktober 2022 06:35 WIB
Peserta kirab pemuda tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (27/10). Mereka tiba dengan membawa bendera masing-masing provinsi yang tersebar di seluruh Tanah Air. Kehadiran mereka dalam menyemarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun 2022.(Foto: egan/kemenpora.go.id)
Peserta kirab pemuda tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (27/10). Mereka tiba dengan membawa bendera masing-masing provinsi yang tersebar di seluruh Tanah Air. Kehadiran mereka dalam menyemarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun 2022.(Foto: egan/kemenpora.go.id)

 Sebelumnya 
Kebersamaan itu penting, kenapa Pak?

Iya, kita ingin menyegarkan kembali perasaan sebangsa dan setanah air. Jadi, kita ingin ada sesuatu yang bermakna yang membuat kita ingat bahwa kita dulu berbeda-beda tapi sekarang kita menjadi satu dan atas bersatunya kita ini kita jaga.

Jadi, makna Sumpah Pemuda itu seperti apa?

Baca juga : Kemah Pemuda HSP Di IKN, Kemenpora: Ini Sejarah Bagi Pemuda Indonesia

Semangatnya tetap sama. Dulu pada 28 Oktober 1928 itu semangatnya para pemuda kita kan bagaimana menuju hal yang lebih baik, yaitu merdeka. Dan untuk menuju ke sana, ada hal-hal yang harus disatukan yakni satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa. Sekarang juga tetap sama, tapi dimensi dan tantangannya berbeda-beda. Sekarang di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu sangat pesat itu juga menjadi tantangan kita. Kalau kita tidak bertransformasi kita akan tertinggal. Kita sebagai negara akan tertinggal dengan negara-negara lain. Maka, tantangan kita, walaupun semangatnya sama, bagaimana menuju lebih baik, tetapi harus kita tetap bersatu. Makanya tema HSP tahun ini adalah Bersatu Membangun Bangsa.

Apa yang ingin disampaikan dengan tema itu?

Dengan bersatu, kita bisa membangun bangsa ini. Kita sudah bisa buktikan pada saat Covid. Kita luar biasa, persatuan kita, gotong royong kita, sehingga kita bisa menjadi negara terbaik dalam penanganan Covid. Artinya persatuan ini, kegotongroyongan ini penting. Sama dengan yang dibangun para pemuda pada 1928. Sehingga muncul ikrar satu bangsa, satu tanah air, dan menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Baca juga : Tiga Wakil Indonesia Tumbang Dihajar China

Seberapa penting menjaga persatuan ini?

Saya kira semangat bersatunya harus tetap terpelihara, di kalangan anak-anak muda khususnya, dan bangsa ini secara umum. Sekarang kita dihadapkan berbagai tantangan baik di luar maupun di dalam. Kalau kita tidak menjaga persatuan, bisa mengancam buat kita, buat NKRI kita. Saya kira, itu yang kita ajak. Makanya temanya itu yang kita pilih bersatu membangun bangsa. Karena, tanpa kita bersatu, kita nggak bisa membangun bangsa ini.

Titik tekan HSP itu adalah persatuan?

Baca juga : Hima Persis: Sumpah Pemuda, Momentum Kebangkitan Entrepreneur Muda Indonesia

Betul. Ini kan mengingatkan kembali hal yang sangat penting, persatuan bagi bangsa kita ini. Kita kan sekarang sangat rentan, sangat rawan, karena berasal dari berbagai latar belakang yang sangat beragam dan berbeda-beda. Kebhinekaan itu harus kita pelihara. Jadi kita tidak boleh merasa capek, merasa lelah merawat kebhinekaan ini. Kita harus terus menerus jaga ini, supaya bangsa ini bisa eksis, NKRI tetap ada, dan menjadi negara yang maju.

Ada pesan untuk para pemuda?

Para pemuda di seluruh indonesia, Anda adalah pewaris kepemimpinan bangsa ini. Maka persiapkan diri dengan baik dan perjuangan yang sudah ditorehkan para pendiri bangsa maupun para pendahulu kita harus menjadi yang utama di dalam benak dan pikiran kita sehingga kita tidak mudah terprovokasi, dan terpecah belah. Persatuan itu menjadi modal utama kita. selalu ingat itu bahwa kita satu bangsa. Yang kedua, anak muda juga harus menjadi pemuda yang kreatif, inovatif, kolaboratif, dan berdaya saing. Karena tantangan ke depan bukan semakin ringan tapi semakin luar biasa beratnya. kalau mau survive, dia harus kreatif, inovatif dan berdaya saing. serta punya semangat kemandirian. Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.