Dark/Light Mode

Semangat Sumpah Pemuda, KTKI Gelar Penguatan Nakes Masyarakat

Jumat, 28 Oktober 2022 18:26 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Konsil Kesehatan Masyarakat, sebagai salah satu dari 11 Konsil Masing-Masing Tenaga Kesehatan pada Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda pada momentum Sumpah Pemuda tahun 1928 silam.

Agenda dengan tema semangat Sumpah Pemuda 'Bersatu, Bangkit dan Tumbuh' tersebut adalah kegiatan Identifikasi Penguatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (P2KB), Standarisasi, dan Registrasi Tenaga Kesehatan di Konsil Kesehatan Masyarakat.

Baca juga : Merawat Semangat Sumpah Pemuda, Greenpeace Gelar Youth Festival

“Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan di bidang kesehatan, dibutuhkan Tenaga Kesehatan yang kompeten dan berdedikasi dalam jumlah dan sebaran untuk dapat menjalankan peran dan fungsinya mencapai pembangunan kesehatan yang optimal," ujar Ketua Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia tahun 2014-2022, Dr. dr. Trihono, M.Sc di Jakarta, Jumat (28/10).

Untuk mendukung keberhasilan dari program Konsil Masing-Masing Tenaga Kesehatan, saat acara angkat sumpah Konsil KTKI pada tanggal 7 September 2022, Menteri Kesehatan mengingatkan perlu adanya jalinan komunikasi, kolaborasi dan sinergitas antara Konsil Masing-Masing Tenaga Kesehatan dengan Kementerian Kesehatan.

Baca juga : BNPT: Ingat, Kesatuan Indonesia Adalah Kunci Pembangunan Bangsa

"Hal itu untuk menyatukan persepsi guna membantu keberhasilan dari setiap program tenaga kesehatan yang akan dilaksanakan," terang Wakil Ketua Konsil Kesmas KTKI Rachma Fitriati. Rachma menyampaikan, Konsil Masing-Masing Tenaga Kesehatan mempunyai fungsi pengaturan, penetapan, dan pembinaan Tenaga Kesehatan dalam menjalankan praktik Tenaga Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

"Selain itu, Konsil Kesehatan juga memiliki tusi untuk melakukan registrasi tenaga kesehatan, menyusun standar nasional pendidikan tenaga kesehatan, menyusun standar praktik dan standar kompetensi tenaga kesehatan, dan melakukan pembinaan Tenaga Kesehatan," bebernya.

Baca juga : Peringati Hari Sumpah Pemuda, Perusahaan Ini Canangkan Program Duta Belajar Okky

Ketua Konsil Kesehatan Masyarakat (Kesmas) KTKI, Husein Habsyi, menambahkan bahwa sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan kompetensi Tenaga Kesehatan maka dibutuhkan peran Pemerintah dan pihak terkait yang mendedikasikan diri di bidang Kesehatan yaitu Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.