Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPBD Imbau Warga Sekitar Gunung Kerinci Waspada

Jumat, 28 Oktober 2022 22:51 WIB
Gunung Kerinci
Gunung Kerinci

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Kerinci tetap waspada karena gunung berapi itu hingga Jumat (28/10) malam masih mengeluarkan abu.

Kepala BPBD Kabupaten Kerinci, Darifus mengatakan, untuk perkembangan Gunung Kerinci sesuai laporan hasil koordinasi dengan petugas pos pengamat Gunung Kerinci walaupun masih Level Dua (Waspada) namun warna abu yang keluar tidak seperti sebelumnya.

"Sekarang warnanya sudah mendekati warna normal putih," kata Darifus dikutip Antara.

Dia mengimbau masyarakat sekitar tetap waspada namun dipersilahkan melaksanakan aktivitas seperti biasa

Baca juga : BPOM: Semua Sirup Kering Dan Oralit Aman Digunakan

"Warga bisa tetap beraktivitas seperti biasa, hanya saja sekarang dianjurkan menggunakan masker untuk mencegah tercemar debu Gunung Kerinci," jelasnya.

Ia mengatakan, BPBD Kerinci selalu memantau dengan berkoordinasi aktif dengan petugas Pos Pengamat Gunung Kerinci, Camat dan Kepala Desa setempat.

"Jauh berkurang dari hari-hari sebelumnya sehingga aman untuk beraktivitas," jelasnya.

Sementara itu, petugas Pemantau Gunung Api Kerinci melaporkan hingga Jumat malam erupsi Gunung Kerinci masih terjadi dengan ketinggian yang menurun.

Baca juga : BNPT Cek Kejiwaan Siti Elina, Telusuri Hubungan Ke Kelompok Radikal

"Masih mengeluarkan abu, cuma ketinggiannya menurun," kata Petugas Pemantau Gunung Api Kerinci, Irwan Safwan di Kerinci.

Ia mengatakan, terkait informasi kondisi Gunung Kerinci, setiap harinya pos pemantau mengeluarkan rekomendasi keadaan. Sehingga masyarakat bisa menjadikan hal itu sebagai acuan informasi terkini terkait kondisi Gunung Kerinci.

"Kami tiap hari mengeluarkan rekomendasi," katanya.

Dia menegaskan, sampai saat ini belum terdapat laporan warga yang terdampak dari adanya abu yang berasal dari erupsi Gunung Kerinci ini.

Baca juga : Mendagri Imbau Daerah Kompak Kendalikan Inflasi

"Dampak abu sampai delapan kilometer, tapi sejauh ini belum ada laporan warga terdampak," katanya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) melaporkan adanya aktivitas vulkanik di Gunung Kerinci yang ditandai dengan erupsi berupa kolom abu setinggi lebih kurang 300 meter di atas puncak gunung api tersebut pada Kamis (27/10).

Petugas Pos Pengamatan Gunung Kerinci, Irwan Safwan mengatakan erupsi itu terjadi pukul 17.58 WIB. Kolom abu tampak berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah timur.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.