Dark/Light Mode

Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni Serahkan 19 Sertipikat Masjid Di Pekalongan

Minggu, 30 Oktober 2022 18:43 WIB
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, Raja Juli Antoni menyerahkan 19 sertifikat di Mesjid As-Shidiq di Kalibaros, Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu, (30/11).
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, Raja Juli Antoni menyerahkan 19 sertifikat di Mesjid As-Shidiq di Kalibaros, Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu, (30/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, Raja Juli Antoni menyerahkan 19 sertipikat di Mesjid As-Shidiq di Kalibaros, Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu, (30/11).

Raja Juli mengatakan, Presiden Joko Widodo menargetkan 126 juta bidang tanah dapat tersertipikasi pada 2025. Di antara target itu adalah sertipikat tanah wakaf milik NU dan Muhammadiyah.

“Pak Hadi (Tjahjanto) dan saya tentu saja berkomitmen penuh mewujudkan target Pak Jokowi tersebut. Untuk apa? Supaya tidak ada konflik tanah di kemudian hari," ujar Raja.

Baca juga : Pemain Muda Persija Rayhan Tak Kesulitan Beradaptasi Di Australia

Ia menambahkan, alasan pemberian sertipikat dipercepat karena dirinya pernah menjadi aktivis dan sering menjumpai sengketa tanah berkaitan dengan tanah wakaf. 

“Mula-mulanya masyarakat enjoy aja pakai musola, mesjid atau belajar di pondok. Tapi tiba-tiba ada masalah karena belum memegang tanda bukti hukum berupa sertipikat tanah," tandasnya.

Raja melanjutkan, Kementerian ATR/BPN akan terus membagikan sertipikat, terutama untuk tanah wakaf meliputi masjid, musola dan tempat-tempat pendidikan. 

Baca juga : Wamen ATR/BPN Raja Juli Serahkan Sertipikat Yayasan Gusdur

“Demi keamanan dan kenyamanan, pemerintah melalui Kantor-kantor BPN di seluruh Indonesia akan menyelesaikan sertipikat wakaf secepat-cepatnya," tegasnya.

Selain menyerahkan tujuh sertipikat milik NU dan enam sertifikat Muhammadiyah, dalam kesempatan itu Wamen ATR/BPN menyerahkan tiga sertipikat Mesjid As-Shidiq, dua sertipikat Yayasan Ma’had, serta satu Paguyuban Pamsimas Tirta Amerta. 

Politisi PSI itu menutup sambutannya dengan menyampaikan komitmen supaya semua umat beragama dapat beribadah dengan nyaman. 

Baca juga : Istri Mantan Eks Menteri ATR/BPN Minta Irwasum Lakukan Gelar Perkara Kasus Mafia Tambang

“Cara supaya nyaman beribadah tanpa gangguan di kemudian hari adalah memberikan kepastian hukum dengan sertipikat tanah ini. Kementerian ATR/BPN berkomitmen atas hal itu," pungkasnya.

Dalam acara itu hadir Walikota Pekalongan, H. A. Afzan Arslan Djunaid, Kabid Kanwil BPN Jawa Tengah, Dwi Purnama, Kepala Kantor Pertanahan Pekalongan, Vevin Svoviawati.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.