Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rakhena Nda Khanine Dari Sentani Juara Lomba Cipta Lagu Anak-anak Bahasa Daerah

Senin, 31 Oktober 2022 12:22 WIB
Grand Final Lomba Cipta Lagu Anak-anak Bahasa Daerah, yang diadakan secara hybrid, di Mall Neo Soho, Jakarta Barat, Jumat (28/10). (Foto: Dok. PANDI)
Grand Final Lomba Cipta Lagu Anak-anak Bahasa Daerah, yang diadakan secara hybrid, di Mall Neo Soho, Jakarta Barat, Jumat (28/10). (Foto: Dok. PANDI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) lewat program Merajut Indonesia Melalui Digitalisasi Aksara Nusantara (MIMDAN) menyelenggarakan Grand Final Lomba Cipta Lagu Anak-anak Bahasa Daerah, yang diadakan secara hybrid, di Mall Neo Soho, Jakarta Barat, Jumat (28/10). Grand Final ini dihadiri Juri Utama Lomba Cipta Lagu Anak-Anak Bahasa Daerah Eka Gustiwana dan Tiara Andini.

Berdasarkan hasil penjurian, juara 1 diraih Stephen Irianto Wally dengan karyanya yang berjudul Rakhena Nda Khanine, yang merupakan lagu daerah berbahasa Sentani-Melayu, Papua. Pemudah asal Papua itu berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp 100 juta, trofi dari Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan PANDI.

Baca juga : Terima Pembalap Muda, Ketum IMI Dorong Atlet RI Juarai Ajang Balap Dunia

Pada Grand Final ini, Eka Gustiwana dan Tiara Andini menjurikan 10 finalis yang telah lolos masuk ke babak Grand Final, sebelum akhirnya memutuskan juara 1. Aspek penjurian tersebut terdiri dari penjurian lirik (bahasa), kualitas suara, serta musikalitas lagu.

Pendaftaran lomba yang dilangsungkan dari 21 Februari 2022 sampai 15 September 2022 ini mengundang antusiasme para musisi dan pencipta lagu dari seluruh Indonesia. Terbukti dengan banyaknya pendaftar yang hampir menyentuh angka 500-an, dengan keseluruhan menyisakan 149 jumlah peserta yang berhasil mengunggah karya ke situs resmi lomba lagu.merajutindonesia.id.

Baca juga : Ke Kalsel, Ganjar Semangati Anak-anak Kafilah MTQ Nasional 2022 Dari Jateng

Menurut Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Pemasaran dan Kerja Sama PANDI, Heru Nugroho, perlombaan ini diharapkan dapat memperluas gaung keberadaan budaya yang berkaitan dengan Aksara Nusantara di Indonesia dan sebagai salah satu bentuk pemajuan Kebudayaan Nusantara secara umum yang kini beradaptasi di dunia digital.

“Terima kasih Mas Eka Gustiwarna dan Mbak Tiara Andini atas partisipasinya sebagai juri Lomba Cipta Lagu Anak-anak Berbahasa Daerah yang akhirnya melahirkan salah satu karya berjudul Rakhena Nda Khanine sebagai karya terbaik dari 10 karya yang terpilih menjadi finalis. Menurut salah satu juri, semua karya yang berhasil mencapai tahapan final merupakan yang terbaik dari 149 karya yang masuk dan diterima panitia yang berdatangan dari 26 Provinsi di Indonesia. Selamat kepada Stephen I Wally, pemuda asal Papua yang berhasil meraih hadiah Rp 100 juta,” ungkap Heru, seperti keterangan yang diterima RM.id, Senin (31/10).

Baca juga : Duta Damai Papua Harus Mampu Ciptakan Perdamaian Dan Persatuan

Minimnya karya-karya lagu baru berbahasa daerah yang diciptakan untuk anak-anak mendorong PANDI menyelenggarakan Lomba Cipta Lagu Anak-anak Bahasa Daerah. Menurut Heru, usia kanak-kanak merupakan masa yang paling efektif untuk menyerap bahasa ibu dan budaya asli sehingga tertanam kecintaan terhadap Indonesia dan kebinekaan. Maka dengan itu, untuk mengembangkan lagu anak-anak berbahasa daerah diadakannya Lomba Cipta Lagu Anak-anak Bahasa Daerah.

“Lomba ini diselenggarakan PANDI melalui program Merajut Indonesia melalui Digitalisasi Aksara Nusantara dan didukung Kemenko PMK sebagai wadah apresiasi dan ekspresi dari pelaku seni untuk turut berpartisipasi menggunakan musik sebagai salah satu media utama mengembangkan wawasan budaya. Harapannya lomba ini bisa menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap bahasa daerah melalui seni musik serta dapat mengembangkan lagu-lagu bahasa daerah terutama lagu untuk anak-anak,” pungkas Heru.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.