Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Layak Maju Capres 2024

Ibarat Buah, Puan Maharani Sudah Matang Di Pohonnya

Selasa, 1 November 2022 06:30 WIB
Puan Maharani Sumber  (Foto: Instagram @puanmaharini).
Puan Maharani Sumber (Foto: Instagram @puanmaharini).

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski elektabilitasnya rendah, Puan Maharani memiliki pengalaman cukup panjang dan matang dalam bidang politik. Cucu Proklamator Bung Karno ini layak menjadi Calon Presiden (Capres) Pemilu 2024.

Bahkan, kehadiran Puan merupakan kerinduan banyak perempuan di Indonesia yang menginginkan kepemimpinan nasional dikendalikan perempuan. Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 saat yang tepat bagi Puan maju ke tahapan yang lebih tinggi sebagai calon presi­den.

“Dengan jumlah mayoritas penduduk perempuan, sangat wajar jika perem­puan harus turun gunung mengambil alih kepemimpinan nasional. Momentum Puan ya saat ini,” kata Peneliti Utama Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Siti Zuhro, kemarin.

Baca juga : Wagub Ogah Lawan Kang Ridwan Kamil

Ibarat buah, kata Siti, Puan sudah ma­tang di pohon. Puan bukan tiba-tiba mun­cul. Puan awalnya menjadi anggota partai terlebih dahulu, maju sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Ketua Fraksi, menteri, dan saat ini Ketua DPR perempuan pertama.”Kini saatnya Puan menjadi presiden,” kata dia.

Sebagai sesama perempuan, Siti men­dukung Puan maju menjadi presiden. Masyarakat Indonesia, khususnya perem­puan harus memiliki preferensi politik untuk memilih calon-calon presiden sesama perempuan.

“Bukan tanpa alasan, karena sekian lama perempuan belum mendapat tem­pat yang benar-benar terbuka luas di masyarakat untuk menjadi pemimpin,” katanya.

Baca juga : Partai Buruh Masih Ngotot Mau Demo Saja

Padahal, kata Siti, kemampuan perem­puan sebenarnya tidak kalah, bahkan bisa jauh melampaui laki-laki. Maka dari itu, sudah seharusnya perempuan Indonesia mendukung dengan semangat perempuan dukung sesama perempuan.

“Pemimpin perempuan memiliki keunggulan. Antara lain, memiliki kepe­kaan emosional, empati dan simpati yang baik, sangat detail, dan kehalusan budi bahasanya membuat banyak persoalan bisa teratasi dengan baik.

Hal lain, lanjut dia, banyak persoalan selama ini terkait perempuan seperti kekerasan, ketimpangan, kematian ibu dan anak, stunting atau gizi buruk, serta perlakuan diskriminatif akan lebih mudah diatasi oleh sesama perempuan.

Baca juga : Desak PSSI Gelar KLB, Persis Solo Ajukan 6 Tuntutan, Ini Poin-poinnya

“Wanita paham dengan baik kondisi dan persoalannya. Apa yang jadi per­soalan perempuan itu butuh sentuhan perempuan,” tuturnya.

Netizen setuju Puan Maharani maju capres dalam Pemilu 2024. Puan sudah teruji, mulai dari anggota DPR, menteri dan Ketua DPR. Selain itu, cucu Bung Karno ini tidak banyak pencitraan.

“Keren bila Puan Maharani benar menjadi Presiden 2024-2029,” kata @Sutisna.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.