Dark/Light Mode

Ganjar Entaskan Kemiskinan Di Jateng Lewat Inovasi Aplikasi Digital Dan Pemberdayaan Panti

Selasa, 1 November 2022 18:08 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Harso mengatakan, Ganjar pun mengeluarkan bantuan sosial pangan Rp 200 selama enam bulan pada pandemi Covid-19 tahun 2022.

Sasaran penerima jaringan pengaman sosial yaitu pedagang kecil, pekerja informal, buruh/karyawan yang di-PHK, masyarakat rentan, dan janda perintis Kemerdekaan.

Baca juga : Aremania Minta Kejati Jatim Kembalikan Berkas Perkara Kanjuruhan

"Pemprov melakukan segala upaya, untuk memastikan tidak ada yang tertinggal, baik itu masyarakat, keluarga rentan, dan UMKM. Maka dari itu kami melibatkan BUMDesdan UMK untuk terlibat langsung dalam penyaluran bantuan untuk penyerapan potensi lokal, dan menghidupkan ekonomi rakyat," beber Harso.

Di sisi lain, Harso mengatakan, Ganjar juga mendorong pemberdayaan panti fakir miskin. Salah satunya lewat inovasi 'Rompi Pengganti' yang dikreasikan Panti Penganti Temanggung dengan raihan prestasi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020.

Baca juga : Kementan Gandeng TNI Gencarkan Penandaan Dan Pendataan Ternak

"Inovasi ini membuat penyandang tuna netra bisa merasakan apakah jalan basah atau tidak. Kami juga inovasi untuk disabilitas dan netra untuk mendukung capaian indikator kinerja utama Dinas Sosial," bebernya. 

Harso melanjutkan, optimalisasi panti juga digagas Ganjar melalui Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (PPSDSN) Pendowo, Kudus, Jateng.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Dukungan Pakistan Dalam Pembentukan Forum MPR Dunia

Panti itu merupakan Panti Pelayanan Sosial Pertama di Indonesia yang mencanangkan wilayahnya sebagai Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.