Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top, Jateng Raih Penghargaan Pemerintahan Transparan 4 Tahun Berturut-Turut

Selasa, 1 November 2022 19:37 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo presentasi uji publik keterbukaan informasi tingkat nasional tahun 2022, di Redtop Hotel, Pecenongan, Jakarta Pusat, Selasa (1/11). (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo presentasi uji publik keterbukaan informasi tingkat nasional tahun 2022, di Redtop Hotel, Pecenongan, Jakarta Pusat, Selasa (1/11). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia, kembali menggelar presentasi uji publik keterbukaan informasi tingkat nasional tahun 2022. Kegiatan yang digelar di Redtop Hotel, Pecenongan, Jakarta Pusat, ini dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar yang hadir sebagai Pimpinan Tertinggi Badan Publik Provinsi Jawa Tengah itu menyampaikan, presentasi tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan informasi publik yang baik untuk masyarakat.

"Intinya ada satu harapan besar dari pemerintah termasuk pemerintah daerah yang makin hari makin memperbaiki kualitas pelayanan informasi publik," ujar Ganjar usai presentasi uji publik, Selasa (1/11).

Adapun aspek penilaian materi yang ditentukan tim presentasi KIP Republik Indonesia yaitu terdiri dari inovasi, strategi dan klarifikasi.

Baca juga : 17 RW Di Jakarta Raih Penghargaan Kampung Iklim

Pada kriteria inovasi, materi yang dinilai yaitu inovasi pelayanan informasi publik yang berkesinambungan dan inovasi pelayanan informasi publik dalam masa pandemi Covid-19. Lalu kriteria strategi, materi yang dinilai adalah program, kebijakan dan rencana aksi dalam mewujudkan badan publik yang terbuka.

Di Jawa Tengah sendiri, Ganjar menerapkan kebijakan bahwa setiap organisasi perangkat daerah (OPD) wajib memiliki satu akun media sosial yang digunakan sebagai layanan aduan masyarakat.

Tak hanya itu untuk membuat pemerintahan yang transparan, Ganjar juga melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di setiap kabupaten dan kota se-Jawa Tengah agar aspirasi yang terserap dari masyarakat bisa maksimal. 

Hal tersebut pun menjadi faktor yang membuat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapatkan nilai sempurna atau 100 poin pada tahap penilaian Sel Assessment Questionaire (SAQ).

Baca juga : Top! 12 Bandara AP I Raih Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi dari Kemenhub

"Bagaimana semua bisa transparan, accessable dan masyarakat bisa mendapat informasi dengan mudah presisi. Kita memberikan informasi tidak boleh hoaks ya dan kita me-manage itu kaitan dengan kepentingan masyarakat yang lebih banyak, sehingga edukasi bisa lebih banyak kita dapat dan semua bisa berbenah," jelas Ganjar.

Menurut Ganjar, dengan pelayanan informasi yang transparan terhadap masyarakat, maka tindak pencegahan korupsi bisa terus dilakukan dan tingkat integritas kian meningkat.

"Kalau itu (informasi) transparan, itu bisa mencegah korupsi, integritasnya akan keliatan di sana," ucap Ganjar.

Sebagai informasi, dibawah kepemimpinan Ganjar, Provinsi Jawa Tengah juga berhasil mempertahankan kedudukan sebagai Badan Publik Informatif 4 kali berturut-turut sejak tahun 2018. Kendati demikian, kata Ganjar, prestasi yang diraih tetap harus dipertahankan dan yang masih kurang optimal mesti lebih ditingkatkan lagi.

Baca juga : Lewat Trans Jateng, Ganjar Ciptakan Layanan Transportasi Murah, Aman, dan Nyaman

"Mudah-mudahan itu bisa bertahan dan bisa lebih baik lagi dengan tambah inovasinya, sehingga nanti semua bisa sharing berbagi pengalaman dari pengalaman yang menurut penilaian itu bagus, ya kita tularkan, yang kurang kita perbaiki. Kita juga masih belum sempurna," kata Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.