Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pak JK Kapan Penuhi Tantangan Luhut, Sidak Tambang Nikel

Jumat, 4 November 2022 09:05 WIB
Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla. (Foto: Istimewa)
Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kritik Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK terkait banyaknya pekerja asal China di industri pertambangan nikel masih menjadi perbincangan hangat di dunia maya. JK pun diminta memenuhi tantangan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk melaku­kan sidak langsung.

Akun @politikhariini mengungkap pernyataan Dirjen Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin. Disebutkan, pada 2021 terdapat 23.857 orang lokal dan 3.121 tenaga kerja asing di industri per­tambangan nikel.

Baca juga : Forum Korban Soroti Penanganan Kasus Mafia Tanah

Akun @HAPOSANM mempertanyakan kapan JK berkunjung ke daerah pertambangan nikel untuk membuktikan ucapannya. “Sebaiknya @Pak_JK harus ke lapangan untuk buktikan ucapannya itu. Data harus dilawan data,” katanya.

“Siapa diantara kalian berdua yang benar? Ayo buktikan Pak JK, pak Luhut minta untuk lihat ke sana,” ujar @SimbolonBilma. “Buktikan Pak @Pak_JK. Semangat,” timpal @Hum4n7.

Baca juga : Kemenhan Tandatangani Kontrak Kerja Sama Dengan BUMN Dan Swasta Lokal

Akun @AlfonsTen5 meminta JK un­tuk segera melakukan sidak ke industri pertambangan agar isu ini tidak semakin liar. “Kata Opung Luhut benar tidak Pak? Kalau benar ya tolong luruskan, kalau salah ya tolong buktikan,” katanya.

“Pak JK kayaknya lagi agak pusing nih, masalahnya kemarin waktu ditantang opung Luhut untuk datang melihat pabrik nikel ng­gak mau, tapi berani ngomong soal pekerja di pabrik nikel orang China semua, ah nggak jelas nih pak JK,” tutur @Ardysu3.

Baca juga : Hadapi Tantangan Global, Masyarakat RI Perlu Saling Kerja Sama

Akun @jhabadi mengatakan, kritik JK bisa menjadi boomerang bagi dirinya sendiri. Menurut dia, Luhut pemimpin yang bijaksana, sedangkan statemen JK cenderung memprovokasi rakyat. Jadi, kata dia, harus bijak menilai mana pemimpin yang baik dan mana yang tidak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.