Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Abaikan Aspirasi Akar Rumput, PPP Bisa Jadi Partai Gurem Lho

Senin, 7 November 2022 09:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat dikalungi sorban oleh Ketua Majelis Syariah DPW PPP DKI Munawir Aseli di salah satu hotel di Jakarta Barat, Minggu (25/9/2022) malam.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat dikalungi sorban oleh Ketua Majelis Syariah DPW PPP DKI Munawir Aseli di salah satu hotel di Jakarta Barat, Minggu (25/9/2022) malam.

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Kota Medan, Sumatera Utara, mendukung Anies Baswedan menjadi bakal calon presiden (bacapres) pada Pemilu 2024. Alasannya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini dapat mewakili kepentingan umat Islam.

Padahal, PPP di tingkat pusat telah menjalin koalisi dengan Partai Golkar dan PAN. Keduanya mengikat janji dalam Koalisi Indonesia Baru (KIB). Namun, memang koalisi tersebut belum mendeklarasikan bakal capres yang diusung pada Pilpres 2024.

Politikhariini mengunggah foto Anies Baswedan yang dipakaikan serban warna hijau khas PPP. Di sekelilingnya beberapa kader PPP menyambut antusias kehadiran mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut.

Baca juga : Jadi Kanal Aspirasi, Grace PSI: Musra Jalan Demokrasi Rakyat

Politikhariini mengatakan, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono meminta para kadernya tunduk dan taat asas. Mardiono menegaskan, sampai saat ini PPP masih di dalam KIB.

“Jangan terburu-buru deklarasi dukungan sebelum pusat menentukan,” ujar @Politikhariini dalam caption-nya, mengutip pernyataan Plt Ketua Umum PPP Mardiono.

Akun @Gimbalz memprediksi, kisruh PPP akan terus berlanjut. Musababnya, beda dukungan calon presiden di Pilpres 2024. Pemilih PPP umumnya mendukung Anies Baswedan sebagai capres, sedangkan DPP PPP berupaya tidak ke Anies.

Baca juga : Antisipasi Pohon Tumbang, Pemkot Bandung Pangkas 2.532 Pohon

“Sejumlah kader PPP lebih setuju Anies sebagai bacapres dalam Pemilu 2024,” duga @capparuni.

Akun @Ismue1 menyambung. Dia yakin, akar rumput PPP, sekitar 90 persen mendukung Anies Baswedan sebagai Bacapres. Para ketua umum partai politik dalam KIB hanya pegang bendera saja tanpa ada massa.

“Kader PPP makin cerdas karena tidak mau pilih pemimpin yang abal-abal dan yang pasti-pasti aja,” tukas @Mfi122.

Baca juga : Gantung Raket, Fedex Disaranin Jadi Pelatih

Akun @DirmanNuari mengingatkan, Plt Ketua Umum PPP agar menuruti aspirasi anggota partai. Menurut dia, menyerap dan mengikuti aspirasi anggota dan kader akar rumput dapat meningkatkan elektabilitas PPP. “Daripada mengikuti pilihan partai lain,” ujarnya.

Akun @Isutosuta mengatakan, pada Pemilu 2024 saatnya PPP berkuasa, karena partai lawas sisa Orde Baru yang belum berkuasa cuma PPP saja. Asalkan, mereka cerdas melihat situasi dan nama-nama capres yang populer di kalangan masyarakat.

“Jika Anies menang, PPP ikut besar. Dan kepemimpinan Anies tidak ada kendala untuk berdialog mengatasi permasalahan bangsa,” ujar @Makmur1374.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.