Dark/Light Mode

Bukan Soal Ngulangnya, Materi Ujian Praktek SIM Yang Dikeluhkan Warga

Selasa, 8 November 2022 09:05 WIB
Ilustrasi. (Foto: Intagram @indonesiabaik.id)
Ilustrasi. (Foto: Intagram @indonesiabaik.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aturan baru Kapolri yang membolehkan warga gagal tes ujian pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) mengulang di hari yang sama, disambut dingin netizen. Pasalnya, yang dikeluhkan masyarakat adalah materi ujiannya.

Akun @indonesiabaik.id mengungkapkan, aturan baru ini dituangkan dalam surat telegram Nomor: ST/2386/X/ YAN.1.1./2022 tanggal 31 Oktober 2022. Bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian penerbitan SIM, dapat langsung melaksanakan ujian ulang pada hari itu juga.

Peserta ujian juga diberi waktu 14 hari kerja terhitung mulai tanggal dinyatakan tidak lulus. “Dalam telegram itu tertulis bahwa ujian ulang boleh dilakukan seban­yak dua kali dalam rentang waktu yang ditentukan,” ujar @indonesiabaik.id.

Baca juga : Zul Mimpi Sikat Naga

Akun @malondamike menilai, aturan tersebut tidak efektif dan tetap rentan di­mainkan oknum nakal. Dia yakin, proses bikin SIM cuma dibikin gampang ketika ada sidak, selebihnya kembali seperti semula, dibikin sulit.

“Berminggu-minggu disuruh ulang terus sampai orang bosan, terus mau ng­gak mau, cari orang dalem buat nembak/ sogok,” ungkapnya.

Akun @budisukaisih1 mengatakan, standar teknis proses bikin SIM di lapan­gan terlalu tinggi, sehingga menimbulkan celah untuk main mata. Dia mengingat­kan, masyarakat bikin SIM tidak untuk kepentingan balapan/racing, tapi karena terikat aturan.

Baca juga : Bukan Soal 2 Kali, Praktik Berkendaranya Kaya Mau Sirkus

“Tes psikologi dan kematangan jiwa jauh lebih penting daripada tes keterampi­lan mengemudi yang rumit,” tuturnya.

Menurut @Erikhartn, dengan model tes yang sekarang mungkin mesti ulang 15 kali sehari baru lulus. “Apa? Nggak bisa sebanyak itu? Nggak ada waktu? Yaudah silakan balik besok-besoknya. Atau ‘bisa saya bantu’,” sindir dia.

Akun @atree8396 mengatakan, aturan baru ini akan tetap menyulitkan masyarakat jika materi yang diterapkan tidak diganti. Masalahnya bukan pada ngulangnya. Tapi, trek yang dipakai buat uji tes kendaraan, dan motor yang disiapkan. “Treknya tuh nggak masuk akal,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.