Dark/Light Mode

Survei Indostrategi Research And Consulting

Prabowo Puncaki Elektabilitas, Popularitas, Dan Kesukaan Publik

Selasa, 8 November 2022 08:21 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Indostrategi Research And Consulting menempatkan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, pada puncak klasemen elektabilitas calon presiden (capres) dengan raihan 31,8 persen. Selisih signifikan dengan para pesaingnya.

"Prabowo masih memuncaki elektabilitas capres dengan perolehan 31,8 persen," kata Direktur Eksekutif Indostrategi, Arif Nurul Imam, dalam paparannya secara daring, Senin (7/11).

Posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dengan 20,5 persen dan Anies di bawahnya dengan 13,2 persen. Lalu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (6,6 persen), Menteri BUMN, Erick Thohir (4,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (3,1 persen), dan nama-nama lain di bawah 3persen. Yang tidak menjawab sebanyak 4,4 persen responden.

Baca juga : Survei Indostrategi: Prabowo Unggul, Ganjar Dan Anies Sulit Kejar

Banyaknya deklarasi dukungan terhadap Ganjar sepertinya tidak berimbas secara signifikan terhadap elektabilitasnya. Hal ini mungkin terjadi karena belum jelasnya posisi Ganjar sebagai capres dari parpol mana.

"Tren berbeda terjadi pada elektabilitas Anies. Keterpilihannya justru menurun dari 14,9 persen menurun 1,7 persen menjadi 13,2 persen. Tampaknya pencalonan Anies oleh NasDem dan belum jelasnya sebagai capres dari parpol mana memberi efek yang sama seperti Ganjar," imbuh dia.

Dalam riset ini, popularitas dan kesukaan publik terhadap Prabowo juga tertinggi dari pada dua rival terdekatnya.

Baca juga : Airlangga Dongkrak Utama Peningkatan Elektabilitas Golkar

Hasilnya, popularitas Prabowo sebesar 95,3 persen dengan tingkat kesukaan 67,3 persen, sedangkan popularitas Ganjar 83,6 persen dan disukai 56,4 persen serta tingkat keterkenalan Anies 80,7 persen dan disukai 44,5 persen.

Indostrategi menyelenggarakan survei ini pada 27 Oktober-5 November 2022 dengan wawancara tatap muka. Ada 1,230 warga negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki hak pilih di 34 provinsi sebagai responden.

Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Adapun margin of error survei sekitar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.