Dark/Light Mode

Bikin Status "Politik Sedang Tidak Baik"

Ganjar Curcol Nih...

Sabtu, 12 November 2022 06:40 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar Instagram @ganjar_pranowo)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar Instagram @ganjar_pranowo)

 Sebelumnya 
Tidak jelas, apa maksud dan ke mana arah yang ingin dituju Ganjar dari curcolnya itu. Sejumlah elite PDIP yang dimintai konfirmasi soal ini enggan menjawabnya.

Namun, jika ditilik ke belakang, Ganjar sempat ditegur oleh PDIP gara-gara mengaku siap maju sebagai capres di salah satu program talkshow TV swasta nasional. Dia juga "dimusuhi" beberapa kader senior PDIP pendukung Puan Maharani. Selain itu, salah satu loyalisnya, yakni FX Rudi Hadyatmo, bahkan mendapat sanksi keras dari DPP PDIP gara-gara menyatakan dukungannya kepada Ganjar untuk maju di Pilpres mendatang.

Seperti diketahui, di PDIP haram hukumnya ngomongin copras-capres sebelum ada keputusan dari Megawati Soekarnoputri. Karena Mega adalah satu-satunya orang yang diberi mandat oleh kongres untuk menentukan nama capres yang akan diusung Banteng maju di Pilpres mendatang.

Baca juga : Banjir Dukungan, Ratusan Ustadz Serdang Bedagai Percaya Ganjar Mampu Nahkodai Indonesia

Hingga saat ini, Ganjar belum mendapat lampu hijau dari partainya untuk nyapres. Belum bisa dipastikan juga, partai mana yang akan memberikan tiket kepadanya untuk nyapres.

Presiden Jokowi, yang sebelumnya dipersepsikan bakal mengarahkan telunjuknya ke Ganjar, malah beberapa kali menyampaikan dukungannya ke Prabowo. Bahkan, salah satu organ relawan Jokowi, yakni Projo, sat-set langsung bertandang ke kediaman Ketum Partai Gerindra itu di Kertanegara, Jakarta Selatan, tidak lama setelah Jokowi menyampaikan sinyal dukungannya ke Prabowo.

Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi mengatakan, pihaknya siap mendukung Prabowo jika Jokowi mendukungnya.

Baca juga : Ratusan Warga Kota Yogyakarta Suarakan Dukungan Bagi Ganjar Pranowo

“Pokoknya kita ikut Pak Jokowi. Pak Jokowi dukung Pak Prabowo, kita dukung," tuturnya.

Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai, curcol Ganjar soal cuaca politik itu menggambarkan suasana hatinya saat ini, yang tengah dilanda kebingungan soal masa depan karir politiknya. "Ya itu untuk mempertontonkan kebingungan dia lah. Dia mengaku kalau membingungkan sekarang. Nah itu tandanya dia ada keinginan untuk maju dan nampak bingung arahnya," kata Hensat, tadi malam.

Dia pun menyarankan Ganjar bisa lebih kalem. "Harusnya sih santai aja. Sebagai kader PDIP kan, dia bisa menjadi anggota DPR. Menurut saya, dia ini baiknya santailah. Apalagi dia juga kader terbaik Banteng. Jadi santai aja," pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.