Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pencapresan Anies

Bandar Belum Masuk Atau Harganya Belum Cocok

Minggu, 13 November 2022 06:50 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Foto: Patrarizki Syahputra/RM).
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. (Foto: Patrarizki Syahputra/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh ikut mengomentari soal bandar capres. Kata dia, sampai saat ini belum ada bandar yang masuk untuk memodali Anies Baswedan nyapres.

Heboh soal bandar ini, pertama kali dikatakan mantan politisi PKS yang kini gabung ke Partai Gelora, Fahri Hamzah. Kata dia, gagalnya deklarasi koalisi NasDem, Demokrat, dan PKS karena bandar belum deal.

Baca juga : Pengguna Twitter Beralih Ke Mastadon, Dari Indonesia Belum Bisa Gabung

Omongan Fahri ini langsung viral di media sosial. PKS pun menegaskan menolak adanya bandar besar yang ingin menguasai koalisi perubahan.

Saat ditanya soal bandar capres, Paloh menanggapi berbeda dengan PKS. Paloh justru mengharapkan kedatangan bandar besar dan ingin tahu bandar yang dimaksud siapa. “Kita pun juga kepingin (ada bandar). Coba sebutkan kita kepingin, katakan kita kepingin,” ujarnya, Jumat (11/11).

Baca juga : Pengamat: Mesin Politik Golkar Masih Belum Bekerja Penuh

Paloh bilang, bandar itu harus mau dekat dan bersimpati dengan partainya. Sehingga NasDem akan menghormati bandar tersebut. “Ini kan pemodal besar nggak ada, pemodal kecil nggak ada,” keluhnya.

Kendati demikian, mantan politisi Golkar itu tetap mewaspadai jika ternyata bandar ingin mengacaukan koalisi yang dibentuk partainya dengan Demokrat dan PKS. “Heh ini kan segala kemungkinan bisa terjadi. Kalau kita bilang iya, salah. Kita bilang tidak, juga salah. Jadi kita harus waspada. Bahasa Jawa-nya eling dan wospodo,” ungkap dia.

Baca juga : Blusukan Ke Pasar Besar Malang, Mendag Pastikan Harga Bapok Stabil

Sementara, Demokrat tegas menyatakan tidak ada bandar di Koalisi Perubahan. “Nggak ada urusan dengan bandar. Kan kami bertiga (NasDem, Demokrat, dan PKS) sejajar dan setara,” tekan Juru Bicara Demokrat, Herzaky Mahendra Putra saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.