Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Moeldoko Optimistis Kartu Prakerja Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Rabu, 23 November 2022 12:16 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko pada acara Mini Temu Raya dengan Alumni Penerima Kartu Prakerja di Aceh yang dilakukan secara daring dari Jakarta, Selasa (23/11).
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko pada acara Mini Temu Raya dengan Alumni Penerima Kartu Prakerja di Aceh yang dilakukan secara daring dari Jakarta, Selasa (23/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko optimistis beragam pelatihan yang diberikan melalui program Kartu Prakerja tidak hanya meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, mampu mendorong penerima untuk menciptakan lapangan kerja. 

Hal itu disampaikan Moeldoko pada acara Mini Temu Raya dengan Alumni Penerima Kartu Prakerja di Aceh yang dilakukan secara daring, Selasa (23/11).   

“Kartu Prakerja terbukti efektif menjadi batu lompatan untuk mendapatkan pekerjaan. Lebih dari itu, saya meyakini, alumni penerima Kartu Prakerja juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain dengan kegiatan wirausaha dari pelatihan-pelatihan yang sudah didapatkan,” kata Moeldoko. 

Baca juga : Gelar Pelatihan Digital, Sandination Cianjur Pastikan Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Panglima TNI 2013-2015 ini mengungkapkan, sejak diluncurkan pada April 2020, Kartu Prakerja telah dinikmati oleh lebih dari 16 juta orang dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Ia menilai, capain tersebut sangat luar biasa, mengingat pelaksana program atau PMO yang terlibat di dalamnya hanya berjumlah 170 orang. 

“Benar-benar sangat efisien. Layanannya juga akuntabel. Tidak salah jika KPK menyatakan bahwa kartu Prakerja sebaiknya dijadikan model bagi layanan publik yang lain,” ujar

Moeldoko yang juga sebagai Wakil Ketua Komite Program Kartu Prakerja. “Saya memberikan apresiasi kepada Ibu Denni dan tim,” tambahnya. 

Baca juga : PT KPI Satukan Langkah Dorong Pekerja Capai ESG

Moeldoko juga mengingatkan, bahwa pelaksanaan Kartu Prakerja ke depan masih butuh penyempurnaan dan menghadapi berbagai tantangan. Apalagi, mulai tahun depan skema Kartu Prakerja akan dijalan dengan Skema Nornal. 

“Tidak lagi “semi bansos” seperti saat ini. Artinya, PR ke depan masih banyak, dan saya berharap tantangan itu bisa dijawab dengan baik oleh pelaksana,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, khusus untuk Aceh, Kartu Prakerja telah memberi manfaat kepada lebih dari 440 ribu orang. Dari komposisi penerima, sebagian besar penerima Kartu Prakerja di Aceh merupakan anak-anak muda berpendidikan menengah atas (SMA/SMK). 

Baca juga : Menkes: Pandemic Fund Untuk Ciptakan Dunia Yang Tangguh

Kartu Prakerja sendiri dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo pada Februari 2019, dan mulai dilaksanakan pada 11 April 2020 atau satu hari setelah pemberlakukan PSBB akibat pandemi Covid-19.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.