Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Sering Kasih Kode Untuk Prabowo

Kamis, 1 Desember 2022 07:55 WIB
Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Instagram Prabowo)
Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Instagram Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak hanya makin mesra, Presiden Jokowi makin sering kasih kode capres kepada Prabowo Subianto. Dua hari terakhir, mantan Wali Kota Solo itu berkali-kali ngangkat Prabowo. Apakah Prabowo capres pilihan Jokowi? Kita lihat saja nanti.

Kedekatan Jokowi dengan Prabowo itu diperlihatkan kembali meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (29/11) lalu. Jokowi yang tiba di Bandara Juanda, Sidoarjo, setelah kunjungan kerja ke Kalimantan, disambut sejumlah pejabat. Di antaranya Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan alias BG dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang kompak mengenakan kemeja warna merah marun dengan bawahan hitam. 

Nah, saat akan meluncur ke lokasi acara, Jokowi rupanya mengajak Prabowo untuk berangkat bareng di mobilnya. Padahal, Ketua Umum Gerindra itu sudah menyiapkan kendaraan sendiri di iring-iringan rombongan. 

Tak cuma itu, di lokasi acara Prabowo kembali jadi pusat perhatian. Kali ini, BG yang membesarkan hati Prabowo. Dalam sambutannya, BG bicara soal kedekatan Jokowi dan Prabowo yang terlihat makin sering bertemu dan mesra belakangan ini. Bahkan, kata BG, omongan Jokowi soal soal pemimpin yang punya kerutan di wajah dan berambut putih itu identik dengan Prabowo. 

Saat disanjung begitu, Prabowo tersenyum sumringah sambil melirik ke arah Jokowi yang duduk di sampingnya. Jokowi balas tersenyum. 

Usai acara, Jokowi sendiri menjelaskan kembali soal kriteria calon pemimpin yang merakyat yang terlibat dari kerutan wajah dan rambutnya yang memutih. Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sudah mengecek langsung ke Prabowo apakah punya kerutan di wajah atau tidak. 

Baca juga : Jokowi Kasih Kode Ke Banyak Tokoh

"Ternyata punya. Kerutan wajahnya ada. Kemudian saya cek rambutnya ternyata juga ada putihnya, sebagian ada putihnya. Artinya seperti yang saya sampaikan," kata Jokowi, sambil terkekeh. Prabowo yang berada di belakanganya ikut tersenyum. 

Bukan kali ini saja Jokowi kasih kode capres ke Prabowo. Sebelumnya, dia juga sempat memberi kode “jatah” untuk Prabowo. Menurut dia, Pilpres kali ini jatahnya Prabowo saat bicara di HUT Partai Perindo belum lama ini. Jokowi juga bilang selalu mendukung Prabowo.

Selain itu, Jokowi juga beberapa kali mengajak Prabowo ke daerah. Bahkan, setiap kunjungan kerja selalu terlihat ada Prabowo di samping Jokowi.

Bagaimana tanggapan Gerindra soal ini? Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menilai, kedekatan Jokowi dengan Prabowo adalah hal yang biasa. Kata dia, jangan segala sesuatu semua disangkutpautkan dengan endorse, dengan pilpres. 

"Kita berpikir positif bahwa apa yang dilakukan pada momen-momen itu tentunya lebih banyak koordinasi masalah pekerjaan sehari-hari antara presiden dengan menteri sebagai pembantu presiden,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, kemarin. 

Meski demikian, Dasco mengakui, momen kebersamaan Jokowi-Prabowo di berbagai kegiatan tentu mempengaruhi Prabowo. Sebab, Jokowi memiliki banyak pendukung. Menurut Dasco, adanya anggapan Jokowi mengendorse Prabowo menjadikan penambah semangat Gerindra memenangkan Prabowo di Pilpres 2024.

Baca juga : Jokowi: Segera Tindaklanjuti Hasil Konkret KTT G20

Sementara, Waketum Gerindra Habiburokhman juga mengaku senang dengan kedekatan Jokowi dan Prabowo. Apalagi ada pujian dari BG, sosok yang menurut dia, sangat dekat dengan Jokowi sehingga pernyataan BG tersebut layak dipercaya. 

Meskipun begitu, ia menilai ada yang lebih penting diperhatikan dari omongan Jokowi yaitu soal pemimpin yang lebih mementingkan urusan rakyat ketimbang penampilan.

Apa penilaian pengamat? Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai, antara Jokowi, dan Prabowo memang memiliki kedekatan khusus. Apalagi, belakangan ini Jokowi pun tampak semakin dekat dengan Prabowo. 

“Doa dan dukungan itu muncul secara formal, terlebih memang ada Prabowo di acara yang sama. Tetapi dari sisi subtansi, memang Jokowi punya kecenderungan menyukai Prabowo akhir-akhir ini,” kata Dedi, kemarin. 

Pengamat politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menyebut, kedekatan Jokowi dengan Prabowo itu terlihat belakangan ini. Jokowi beberapa kali memberikan kode untuk Prabowo. 

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin punya analisa lain. Menurut dia, dukungan Jokowi lebih terasa ditujukan kepada Ganjar dari pada Prabowo. 

Baca juga : Pengamat Politik: Itu Kode Untuk Ganjar Pranowo

“Saya melihat kalau endorse kepada Prabowo itu ya 'angin sorga'. Tapi endorse yang sesungguhnya sih saya melihat ke Ganjar,” kata Ujang saat dikontak, kemarin.

Menurut Ujang, pernyataan Jokowi soal rambut putih dimaknai awam sebagai bentuk dukungan kepada Ganjar. Karena itu pula, PDIP tak happy dengan omongan itu.

Menurut Ujang, kode Jokowi itu untuk Ganjar dan tak lain untuk  mengamankan ‘tiket’ pilpres. Melalui pernyataan itu, Ujang menilai, Jokowi juga sedang memberikan tekanan kepada partai politik untuk memberikan dukungan kepada Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.