Dark/Light Mode

Jokowi Minta Relawan Pilih Pemimpin Yang Memikirkan Rakyat

Pengamat Politik: Itu Kode Untuk Ganjar Pranowo

Senin, 28 November 2022 18:01 WIB
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik yang juga Dosen FISIP Universitas Budi Luhur, Fahlesa Munabari menilai, permintaan Presiden Joko Widodo agar relawan mendukung pemimpin yang selalu memikirkan rakyat adalah kode yang mengarah ke sosok Ganjar Pranowo.

Penilaian ini berdasarkan sifat dan karakter Ganjar Pranowo yang lebih banyak membuat program untuk kepentingan rakyat selama dua tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

“Saya kira itu kode untuk ke Ganjar Pranowo. Ganjar ini kan tipikal pemimpin yang tidak suka membangun gedung megah, bangunan-bangunan besar, mercusuar. Tapi bangun sekolah, bangun pasar, bangun embung, irigasi, yang begitu-begitu,” katanya, Senin (28/11).

Baca juga : Jokowi: Pemimpin Yang Mikirin Rakyat, Wajahnya Banyak Kerutan, Rambutnya Putih Semua

Fahlesa mencontohkan program 1.000 embung yang digagas Ganjar. Saat ini berdasarkan catatannya, Ganjar sudah berhasil membangun 1.135 embung di berbagai daerah di Jateng.

Embung-embung itu digunakan untuk pengairan areal pertanian, pengendalian banjir, dan mencukupi air minum di daerah kekeringan.

“Dari sisi bangunan mungkin tidak terlihat wah, tidak luar biasa, ya embung kan gitu-gitu saja, tidak mahal juga. Tapi berguna dan bermanfaat untuk petani dan warga desa,” jelasnya.

Baca juga : Jokowi Sebut Pemimpin Yang Mikirin Rakyat Rambutnya Berwarna Putih, Kode Ke Ganjar?

Contoh lain, ketika Ganjar membangun sekolah khusus untuk siswa dari keluarga tidak mampu. Sekolah Bernama SMK Jawa Tengah itu dibangun di Kota Semarang, Purbalingga, dan Pati.

Seluruh siswa di tiga sekolah ini dari warga tidak mampu. Seluruh biaya belajar dari buku, seragam, bahkan asramanya gratis.

“Ketika lulus pun masih dicarikan kerja di perusahaan bonafit, ada yang sampai ke Jepang juga. Setelah kerja siswa ini langsung mengangkat ekonomi keluarganya karena gajinya bagus. Jadi dari bangun sekolah, Ganjar menarget pengentasan kemiskinan,” paparnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.