Dark/Light Mode

Syukuri Saja, Dapat Order Replika Bola Piala Dunia 2022

Jumat, 2 Desember 2022 09:05 WIB
Presiden Joko Widodo menerima cendera mata berupa bola Al Rihla yang akan digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar dari Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).(YouTube.com/Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo menerima cendera mata berupa bola Al Rihla yang akan digunakan di Piala Dunia 2022 Qatar dari Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).(YouTube.com/Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Al-Rihla, bola resmi Piala Dunia 2022 bukan buatan Indonesia. Bola yang diklaim memiliki sejumlah fitur canggih itu ternyata buatan Pakistan dan China. Sementara Al Rihla yang diproduksi di Indonesia, hanya untuk replika dan pen­jualan suvenir Piala Dunia 2022.

Perupadata mengunggah foto Presiden Jokowi memegang bola bersama Presiden FIFA Gianni Infantino. Di dalamnya ada klarifikasi dari Adidas bahwa Al Rihla buatan Indonesia bukan untuk pertandin­gan, tapi untuk replika suvenir resmi.

“Sedangkan bola pertandingan buatan Pakistan dan China,” tulis Perupadata.

Baca juga : Gile! Resign Demi Nonton Piala Dunia

Perupadata menjelaskan perbedaan bo­la pertandingan dan bola replika suvenir. Bola pertandingan, dilengkapi teknologi sensor sentuhan dan gerakan, juga secara semi otomatis bisa membantu perangkat pertandingan mendeteksi offsides.

“Kedua teknologi ini, antara lain mem­bantu mencatat gol pertama Portugal ke gawang Uruguay dicetak oleh Bruno Fernandes ketimbang Cristiano Ronaldo,” katanya.

Perupadata menambahkan, meski begitu, memproduksi bola resmi untuk perhelatan global di bawah lisensi ap­parel utama tetap pencapaian bagi peru­sahaan lokal. Tentunya memberi manfaat ekonomi.

Baca juga : Vlaar Jagokan Belanda Juara Piala Dunia

“Next, prestasi olahraga Indonesia pastinya diharapkan bisa terangkat,” katanya.

Akun @DutaMasarya mengatakan, sesuai dengan pernyataan Director Media Relations Bei, Adidas tidak menunjuk perusahaan Indonesia memproduksi bola resmi Piala Dunia 2022. Namun, ada kerja sama dengan salah satu perusahaan di Indonesia untuk membuat replika Al Rihla sebagai suvenir.

“Yang diproduksi di Indonesia hanya bola replika untuk kebutuhan merchan­dise. sementara buatan Pakistan untuk pertandingan resmi Piala Dunia,” ujar @Harjin01.

Baca juga : Widodo CP Jagokan Brazil Juara Piala Dunia

Akun @milodemilo5 tetap bangga dengan bola buatan Indonesia, kendati hanya sebagai suvenir Piala Dunia 2022. “Hari gini ada ribuan order sudah alham­dulilah,” puji dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.