Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Genjot Ekonomi Masyarakat

Perbatasan Bakal Disulap Jadi Ekowisata Kelas Dunia

Jumat, 25 November 2022 07:55 WIB
Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Restuardy Daud. (Foto: Humas BNPP)
Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Restuardy Daud. (Foto: Humas BNPP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komitmen Presiden Jokowi membuat cantik daerah perbatasan terus digenjot. Potensi ekonomi masyarakat terus dikembangkan.

Salah satu caranya, dengan desa wisata dan pengembangan inovasi bisnis, yaitu Laboratorium Perbatasan (Border Edu Eco-Tourism), sebagai bagian kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis agroekowisata di perbatasan.

Hal itu dikatakan Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Restuardy Daud, saat mengunjungi Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Daerah yang berbatasan dengan Malaysia ini dianggap memiliki potensi wisata dan ekonomi.

Baca juga : Hery Haryanto: Nonmuslim Mestinya Bukan Halangan Jadi Pemimpin Nasional

Untuk mengembangkan dan menggali potensi itu, BNPT menggandeng Forum Perguruan Tinggi untuk Perbatasan (Fopertas), Badan Amil dan Zakat Nasional (BAZNAS), Bank BRI dan Bank BNI.

Sinergi pentahelix itu meng­gelar pelatihan pemasaran terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan tata kelola desa wisata yang diikuti pelaku UMKM, Satuan Karya Pramuka Pariwisata, Gerakan Pesona Indonesia, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Karang Taruna, dan Tim Penggerak PKK Desa Temajuk.

Restuardy bilang, kegiatan ini rangkaian aktivitas yang diimplementasikan untuk transfer pengetahuan, teknologi maupun inovasi lain. Diharapkan dapat membentuk kemandirian masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya, melalui pendekatan pengembangan masyarakat secara berkelanjutan.

Baca juga : Dekat Dengan Masyarakat, Ganjar Didukung Para Kiai Di Kabupaten Tuban

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat diperoleh rujukan best practices inkubator bisnis yang efektif di tingkat lokal. Dan diharapkan dapat direplikasi di kawasan perbatasan lainnya,” beber Restuardy, kemarin.

Kehadiran Fopertas merupakan bagian strategis pembangunan perbatasan yang melibatkan perguruan tinggi/akademisi (bagian dari strategi kolaborasi pentahelix).

Usulan Laboratorium Perbatasan (Border Edu-Ecotourism) dengan lokus Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan kemandirian sekaligus daya saing ekonomi lokal, pengembangan usaha dan teknologi tepat guna, serta keberlanjutan pemberdayaan masyarakat perbatasan negara.

Baca juga : Cuma 3 Jam, Motor Tua Disulap Jadi Motor Listrik

Koordinator Fopertas yang ju­ga Guru Besar Universitas Gadjah Mada Prof. Suratman menyatakan, untuk mendukung tercapainya Desa Wisata Temajuk, BNPP dan Fopertas juga menyelenggarakan diskusi terbatas dengan Pemerintah Kabupaten Sambas, untuk mengembangkan Desa Temajuk sebagai salah satu ikon wisata di Kalimantan Barat.

Upaya kolaborasi pembinaan ekonomi masyarakat ini dikait­kan dengan rencana program Laboratorium Perbatasan oleh perguruan tinggi di masa men­datang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.