Dark/Light Mode

Harlah Ke-100, NU Dukung Santri & Masyarakat Umum Melek Digital

Jumat, 2 Desember 2022 18:55 WIB
Foto: Dok. NU Tech
Foto: Dok. NU Tech

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bagian dari rangkaian acara perayaan Harlah 1 Abad, Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan sebuah program “NU Tech”.

NU Tech merupakan bentuk sinergi bersama dalam perayaan Harlah 1 Abad Nahdatul Ulama (NU) untuk mendorong terwujudnya masyarakat digital dan peningkatan teknologi inovasi bangsa.

NU Tech merupakan salah satu upaya dari Badan Inovasi PBNU mengawali proses transformasi digital NU di abad ke-2 dengan melibatkan lebih dari 1 juta warga NU se-Indonesia.

Baca juga : April Group & Krealogi Dukung 30 UMKM, Sasar Pasar Lokal Di Riau

Dalam rangka menciptakan digital literacy di kalangan santri dan masyarakat pada umumnya, NU Tech memberikan exposure bagi para pemilik ide bisnis kepada dunia startup dan digital guna terciptanya kesempatan kolaboratif bagi NU, BUMN dan private sektor di bidang inovasi digital. Dalam opening speech NU Tech,

Ketua PBNU, K.H. Yahya Cholil Staquf memaparkan, teknologi adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan.

"Kita harus menjadikan teknologi ini sebagai ruang hidup kita dan kepentingan untuk memiliki kapasitas, akses, dan bahkan untuk ikut menentukan orientasi dari perkembangan teknologi itu sendiri," ujar Gus Yahya, sapaan akrab Yahya Cholil Staquf, Jumat (2/12).

Baca juga : Jokowi: ASN Harus Melayani Masyarakat, Bukan Dilayani

Menurutnya, persoalan teknologi ini mau tidak mau akan sampai kepada titik yang kurang lebih kontroversial, atau setidaknya menimbulkan perhatian dan bahkan keprihatinan terkait dengan hal-hal yang jadi haluan dalam nilai-nilai agama.

"Saya berharap bahwa pengembangan peran yang signifikan oleh NU merupakan gerbang pembuka NU menuju ke abad ke 2," ujarnya.

NU Tech mengajak pelajar, santri, mahasiswa, dan keluarga besar NU untuk bergabung mengembangkan diri dan memajukan kapabilitas digital melalui serangkaian kegiatan: Capture The Flag Competition, Innovation Pitching Competition, Tech Seminar, Digital Learning by Narasi Academy, dan Digital Learning Scholarship.

Baca juga : Sambut Indonesia Kompeten Di 2030, GNIK Dukung SDM Unggul & Digitalisasi

Pada Capture The Flag Competition, setiap talenta dapat menunjukkan serta mengasah keterampilan digital Cybersecurity melalui penyelesaian challenge kasus di CTF Competition.

“Memasuki abad ke-2 NU, perlu ada hal yang berbeda. NU memutuskan untuk mengadakan selebrasi tentang kiprah selama ini yang kami harapkan bisa mendapatkan dampak positif bagi masyarakat," ujar Ketua Organizing Committee, Yenny Wahid, Jumat (2/12).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.