Dark/Light Mode

Gempa Tiap Hari, Semeru Meletus

Semoga, Kita Baik-baik Saja

Senin, 5 Desember 2022 07:20 WIB
Awan panas guguran, muntahan erupsi Gunung Semeru, Minggu (4/12). (Foto: BPBD Lumajang)
Awan panas guguran, muntahan erupsi Gunung Semeru, Minggu (4/12). (Foto: BPBD Lumajang)

 Sebelumnya 
Beruntung, prediksi itu meleset. Berdasarkan amatan dari citra satelit cuaca Himawari, menunjukkan tidak adanya perubahan yang jelas yang mungkin sesuai dengan gelombang tekanan terkait dengan letusan.

Sehari sebelum Semeru meletus, gempa berkekuatan 6,4 M menghantam Garut, Jawa Barat. Kuatnya gempa bahkan terasa hingga ke wilayah Bandung sampai Yogyakarta. Meskipun getarannya lebih kuat, dampak gempa di Garut tidak separah di Cianjur. Menurut Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan dari hasil kaji cepat, tidak ditemukan adanya korban jiwa dari gempa tersebut. Hanya ada dua warga yang mengalami luka lecet.

Baca juga : Kenaikan Harga Telur Bikin Babak Belur

Selain itu, Helmi mengatakan tidak ada bangunan yang mengalami rusak berat. Dari laporan sementara BPBD Garut hingga kemarin, total ada 35 rumah yang mengalami kerusakan bangunan, dengan tingkat kerusakan ringan dan sedang.

Di dunia maya, warganet rame-rame memanjatkan doa terkainya banyaknya bencana alam yang datang hampir bersamaan di Indonesia. Ustad muda, Hilmi Firdaus dalam akun @Hilmi28 berdoa agar rakyat Indonesia selamat dari bencana yang datang bertubi-tubi.

Baca juga : Gempa Cianjur, Bunda Merah Putih Salurkan Bantuan Logistik Dan Tenda

“Setelah gempa Cianjur, banjir bandang di Pati lalu gempa di Garut & sekarang erupsi Gunung Semeru… Yaa Robbana, selamatkanlah saudara2 kami yg berada di wilayah bencana & selamatkanlah kami semua serta seluruh bangsa ini dari segala musibah & marabahaya. Aamiin . Alfatihah,” cuitnya.

“guys stay safe ya, lagi banyak bencana alam :( may God always protect us and our family ,” cuit @pbrooklynbaby. “Ya Allah jauhkan kami dari Musibah ini.. Belum juga Cianjur selesai dengan kesedihan di tambah lagi Semeru kembali Erupsi..,” timpal @nira_aria. “Semoga kita semuanya baik-baik saja,” doa akun @wargalangitan. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.