Dark/Light Mode

Menuju Pemilu 2024

Perempuan Dukung Perempuan, Faktor Penting Namun Sering Terlupakan

Selasa, 6 Desember 2022 22:27 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga (Foto: Kementerian PPPA)
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga (Foto: Kementerian PPPA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Angka keterwakilan perempuan dalam kancah politik terus meningkat. Terutama di tingkat pusat, daerah, dan kabupaten/kota. Bahkan Ketua DPR saat ini adalah seorang perempuan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga merasa, para perempuan patut berbangga atas capaian ini. Namun, Bintang meyakini, masih ada faktor penting yang belum maksimal terealisasi dalam mencapai kuota 30 persen keterwakilan perempuan, yaitu dukungan sesama perempuan.

Baca juga : Perpustakaan Dongkrak Peningkatan Literasi Masyarakat

“Penting bagi seluruh perempuan di seluruh Indonesia, kalau saja sesama perempuan kita saling mendukung, saling memotivasi, saling menginspirasi, saya yakin kuota 30 persen keterwakilan perempuan dalam politik itu akan bisa tercapai. Kita mulai dari para perempuan itu sendiri,” tegas Bintang, dalam kegiatan Seminar Langkah Strategis Peningkatan Keterwakilan Perempuan pada Pemilu 2024, di Jakarta, Selasa (6/12).

Bintang menambahkan, hasil survei Bank Dunia menyatakan, saat perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama untuk aktif secara politik dan membuat berbagai keputusan serta kebijakan, akan muncul kebijakan-kebijakan yang lebih representatif dan inklusif untuk mencapai pembangunan yang lebih baik.

Baca juga : Perlu Pembuktian Lengkap Fakta Persidangan Sambo

“Namun kita tidak boleh lupa, bahwa kuota keterwakilan perempuan tidak akan efektif jika pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan politik serta kesetaraan gender perempuan masih minim. Seluruh pihak perlu bahu-membahu membuka ruang seluas-luasnya, bukan hanya kesempatan bagi perempuan untuk terlibat, namun juga memperoleh pengatahuan, memperluas pemahaman, dan meningkatkan keterampilan politiknya,” ucapnya.

Dalam meningkatkan dan mendorong partisipasi perempuan dalam dunia rill politik, parpol memiliki andil dan peranan yang besar. Menurut Bintang, sekurang-kurangnya parpol memiliki tanggung jawab dalam rekrutmen politik.

Baca juga : Kalah Pemilu Untuk Pertama Kali, Mahathir Pensiun Dari Politik

“Artinya, partai politik berfungsi untuk mencari dan mengajak perempuan-perempuan yang memiliki potensi untuk turut aktif menyampaikan aspirasinya dan merumuskan kebijakan yang berpihak kepada perempuan tentunya di bawah payung kesetaraan,” tambahnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.