Dark/Light Mode

Tanah 1.000 M, Bangunan 580 M, 2 Lantai, 4 Kamar Tidur

Begini Lho, Rumah Menteri Di IKN

Sabtu, 10 Desember 2022 08:00 WIB
(Foto: Dok. Kementerian PUPR)
(Foto: Dok. Kementerian PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para menteri akan mendapat jatah rumah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Luas tanahnya mencapai 1.000 meter, bangunannya 580 meter. Rumah ini dibangun 2 lantai dengan 4 kamar tidur.
 
Ada 36 rumah segede itu yang dibangun di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Tepatnya di persil 104 dan 105 KIPP IKN. Pengerjaannya sudah dimulai sejak Rabu (7/12). Ditargetkan semua sudah kelar pada Juni 2024.
 
Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, pembangunan rumah menteri ini akan memakan waktu penyelesaian selama 550 hari kalender.
 
"Semua pekerjaan harus dilaksanakan sesuai jadwal dan dilaksanakan sebaik mungkin di lapangan," kata Iwan saat Penandatanganan Kontrak dan Pre Construction Meeting (PCM) Pekerjaan Pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri, di KIPP IKN, Rabu (07/12).
 
Kementerian PUPR telah menunjuk PT Adhi Karya (Persero) Tbk sebagai penyedia jasa. Mereka akan melakukan Kerja Sama Operasi (KSO) dengan PT Ciriajasa Engineering Consultant untuk pelaksana pembangunan hunian tersebut. Sedangkan paket Manajemen Konstruksi Pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di KIPP IKN akan dilaksanakan PT Yodya Karya (Persero)-PT Indah Karya (Persero)-PT Surya Perkasa Raya KSO.
 
Iwan mengaku telah menyiapkan desain rumah menteri ini dalam dua tipe, yakni tipe downslope dan tipe upslope. Luasnya sama. Bangunannya 580 meter persegi dan berdiri di atas lahan 1.000 meter persegi.
 
Konsep downslope adalah desain hunian modern dengan pembangunan di lahan berkontur perbukitan, dengan lantai bangunan semakin mengikuti lereng tanah yang ada untuk menyesuaikan kontur lahan. Rumah dengan konsep split level ini akan memberikan kesan dinamis. Sementara upslope atau uphill slope adalah konsep desain rumah untuk kontur tanah lereng menanjak.
 
Dua konsep desain rumah menteri ini memang cocok untuk kontur tanah di IKN yang berbukit. Menurut Iwan, pembangunan konstruksi rumah ini memang dilaksanakan secara paralel dengan landscape. "Kami juga akan menanam pohon agar kondisi lokasi pembangunan tetap hijau dan rindang sehingga nyaman untuk dihuni," terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.