Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terapkan Sistem Pengawasan MCP

Ganjar Berhasil Berantas Korupsi Hingga Pungli Di Jateng

Selasa, 13 Desember 2022 14:20 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berhasil memberantas korupsi, gratifikasi, hingga pungutan liar (pungli) di Jateng melalui pelaksanaan sistem Monitoring Center for Prevention (MCP). MCP merupakan sistem supervisi dan pencegahan korupsi yang diluncurkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan 38 indikator di dalamnya.

Kepala Inspektorat Kabupaten Grobogan, Moch Susilo mengatakan, sistem MCP yang digagas Ganjar meraih pengakuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dengan strategi pembangunan SDM berintegritas itu, Jateng mampu mencapai Indeks Pencegahan Korupsi Tahun 2021 dengan nilai 94,5.

"Pemprov sudah all out dalam meningkatkan SDM yang berintegritas melalui sosialisasi dan asistensi. Hasilnya, kinerja semua perangkat OPD ataupun BUMD bisa dipertanggungjawabkan. Bagi kami, inspektorat Jateng bisa menjadi role model, apalagi dengan sudah banyak mendapatkan pengakuan secara nasional," kata Susilo, dikutip Selasa (13/12).

Baca juga : Ganjar Ungkap Dana CSR Di Jateng Capai Rp 86 Miliar

Susilo menjelaskan, selama ini warning system yang digagas Ganjar sudah berjalan baik. Susilo mengatakan, indikatornya adalah penurunan jumlah aduan dari masyarakat, pengelolaan pengadaan barang/jasa yang baik, menurunnya gratifikasi/suap dari pemenang tender, serta  penyalahgunaan pengelolaan anggaran yang masuk kategori skala rendah.

"Pemprov juga mendorong agar pejabat struktural di OPD agar aktif dalam laporan LKHPN hingga di Kabupaten Grobogan mencapai 100 persen, dan kinerja anggaran yang akuntabel sehingga pemkab meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian," kata Susilo.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Brebes Nur Ari Haris Yuswanto juga mengakui, kinerja Pemprov luar biasa dalam membantu sistem pengawasan di daerah. Nur mengatakan, pihaknya kerap berkonsultasi terkait kinerja serta program kerja pengawasan tahunan (PKPT) inspektorat kepada Pemprov.

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Ganjar Pranowo Latte Art Competition Di Cilegon

"Yang layak diapresiasi adalah komitmen kuat Gubernur Jateng untuk mengajak seluruh OPD melakukan pernyataan sikap berperang melawan segala bentuk gratifikasi," kata dia.

Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan Jateng menjadi juara umum dalam pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dan pengendalian gratifikasi terbaik dari KPK pada 2020. Sementara pada 2019, Kemendagri juga mengumumkan Jateng sebagai daerah berpredikat terbaik dalam supervisi pencegahan korupsi. 

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri memuji Ganjae yang memastikan Jateng bersih dari korupsi. Menurut Firli, upaya Ganjar menciptakan iklim pemerintahan yang bersih dari korupsi terlihat dari slogan 'Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi' atau Tidak Korupsi dan Tidak Bohong (berkhianat).

Baca juga : Berkat Ganjar Pranowo, Anak Kudus Bisa Kerja Di Jepang

"Gubernur memastikan bahwa di dalam pengesahan dan penyusunan anggaran, harus clear tidak ada korupsi, tidak ada uang ketok palu, itu yang harus dilakukan oleh gubernur. Pak Ganjar sudah melaksanakan, maka kita berterima kasih," kata Firli saat meluncurkan Desa Antikorupsi 2022 di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (29/11).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.