Dark/Light Mode

OASE-KIM, Kemenkop UKM, Kemendikbud Ristek & Yayasan PTI Kompak Berdayakan Para Disabilitas Berbisnis

Selasa, 20 Desember 2022 18:36 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (kiri atas) dan Mendikbudristek Nadiem Makarim (kedua kiri atas) dalam acara puncak Karya Tanpa Batas; di Gedung Smesco, Selasa (20/12). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (kiri atas) dan Mendikbudristek Nadiem Makarim (kedua kiri atas) dalam acara puncak Karya Tanpa Batas; di Gedung Smesco, Selasa (20/12). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi Aksi Solidaritas Era-Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) berkolaborasi bersama Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi), Yayasan Perempuan Tangguh Mandiri Indonesia (PTI), serta Smesco Indonesia menginisiasi program Karya Tanpa Batas sebagai bentuk pemberdayaan para penyandang disabilitas.

Program yang bakal diselenggarakan secara tahunan ini digelar dalam rangka Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember setiap tahunnya. Puncak acara ‘Karya Tanpa Batas’ 2022 diselenggarakan pada 19-20 Desember 2022 di Gedung Smesco Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengapresiasi penyelenggaraan ‘Karya Tanpa Batas’ yang merupakan kolaborasi bersama OASE-KIM dan sejumlah kementerian.

Baca juga : Kemenkop UKM Dukung Pembentukan Koperasi Disabilitas Pertama Di Indonesia

Kemenkop UKM menyambut baik acara ini yang mengedepankan public private partnership dalam mengembangkan ekonomi inklusi, serta ekonomi sosial yang terintegrasi menjadi bagian penting dari ekonomi nasional.

“Program ini keren sekali. Saya telah melihat dan meninjau acara ini mulai dari workshop hingga kegiatan yang menstimulasi jiwa kewirusahaan, meski akses pekerjaan sebanyak 72 persen penyadang disabilitas masih bekerja di sektor informal, dan 22 persennya merupakan kelompok usia produktif belum memiliki akses untuk menjalankan usahanya sendiri,” jelasnya dalam acara puncak ‘Karya Tanpa Batas’ di Gedung Smesco, Selasa (20/12).

Teten menyambut pengembangan ekonomi inklusi melalui ekonomi terintegrasi, serta menyambut pendirian Koperasi Tangguh Berdikari Indonesia.

Baca juga : Genjot Kewirausahan, Kemenkop UKM Dukung Penyandang Disabilitas Berkoperasi

Ia berharap, koperasi ini betul-betul bisa memfasilitasi para disabilitas sehingga mampu menjalankan wirausaha secara mandiri.

“Dengan memiliki badan hukum berbentuk koperasi, kesempatan bagi penyandang disabilitas berusaha makin terbuka lebar,” ujar Teten.

Selain itu, Kemenkop UKM turut mengesahkan pendirian Lembaga Inkubator Disabiltas Indonesia. “Dan tahun depan kita targetkan terciptanya 50 usaha baru dari penyandang disabilitas agar lebih kompetitif. Target tersebut cukup ambisius, tapi kami yakin bisa dijalankan,” ucap Teten.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.