Dark/Light Mode

Unggul Di Survei Capres DSI

Kinerja Apik Bidang Ekonomi Dongkrak Elektabilitas Airlangga

Selasa, 20 Desember 2022 22:40 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik universitas Sriwijaya Febrian mengatakan, unggulnya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam survei Dinamika Survei Indonesia (DSI) merupakan hal wajar.

Pasalnya, Airlangga sosok yang ideal saat ini maju sebagai capres 2024 ketimbang Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

"Ya Airlangga unggul di DSI itu karena Airlangga sosok yang ideal ketimbang capres yang ada seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan," kata Febrian kepada wartawan, Selasa (20/12).

Febrian menilai bahwa syarat normatif Presidential Threshold (PT) tentu akan mengeliminasi beberapa calon capres yang berpotensi.

Baca juga : Hitungan Kumulatif Elektabilitas Cawapres, Erick Tertinggi Se-Jawa

"Syarat normatif PT saya pikir akan mengeliminasi beberapa kandidat capres yang berpotensi. Nama yang beredar saat ini akan mengerucut," ujar Febrian.

Menurut dia, survey DSI sebagai salah satu tolok ukur parpol menentukan pilihan calon. Dia menyebutkan, bakal calon yang beredar punya ruang. Masyarakat yang pandai dapat memilah kepentingan pribadi dan negara.

"Nama beredar akhirnya hanya akan tinggal beberapa saja. Arilangga salah satunya, karena sudah terbukti kinerjanya moncer di bidang ekonomi," ucapnya.

Sementara itu, Direktur DSI Permadi Yuswiryanto mengatakan, tingginya keterpilihan Airlangga Hartarto punya hubungan yang kuat dengan tingkat optimisme masyarakat dalam menghadapi perekonomian tahun depan, yang diprediksi akan mengalami krisis global.

Baca juga : Perpustakaan Dongkrak Peningkatan Literasi Masyarakat

"Jadi Airlangga Hartarto punya hubungan yang kuat dengan tingkat optimis masyarakat dalam menghadapi perekonomian tahun 2023 yang diprediksi akan menghadapi krisis global," ungkap Permadi Yuswiryanto.

Permadi juga menyampaikan, hasil survei DSI melihatkan bahwa masyarakat menolak jika Pemilu 2024 ditunda. "Survei DSI menampilkan tentang masyarakat yang menolak Pemilu 2024 ditunda," kata Permadi.

Diketahui, DSI melakukan survei terhadap nama-nama yang dianggap layak dan punya kans besar maju sebagi capres 2024. Lalu ditanyakan secara terbuka dengan pertanyaan jika digelar Pilpres hari ini siapakah tokoh yang akan anda pilih.

Maka hasil jawaban dari 1988 respoden setelah ditabulasi, nama Airlangga Hartarto menjadi tokoh yang paling tinggi tingkat keterpilihannya 16,2 persen respoden. Disusul Prabowo Subianto 15,3 persen, Anies Baswedan dipilih sebanyak 10,7 persen lalu Ganjar Pranowo 9,2 persen.

Baca juga : Prestasi Ekonomi Bikin Elektabilitas Airlangga Meroket

Selanjutnya Puan Maharani 6,3 persen, Andika Perkasa 5,1 persen, Gatot Nurmantyo 3,8 persen, Budi Gunawan 3,3 persen, Moeldoko 3,2 persen, Muhaimin Iskandar 1,6 Persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,2 persen, Sandiaga Uno 1,1 persen, dan Erick Thohir 1,1 persen. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.