Dark/Light Mode

Kader PPP Ganti Baju Dukung Anies Baswedan

Kamis, 22 Desember 2022 09:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat dikalungi sorban oleh Ketua Majelis Syariah DPW PPP DKI Munawir Aseli di salah satu hotel di Jakarta Barat, Minggu (25/9/2022) malam. (Foto: Istimewa).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat dikalungi sorban oleh Ketua Majelis Syariah DPW PPP DKI Munawir Aseli di salah satu hotel di Jakarta Barat, Minggu (25/9/2022) malam. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Barisan pendukung bakal calon presi­den (Bacapres) dari Partai NasDem Anies Baswedan diisukan akan bertambah. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang saat ini tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) diduga kuat bakal mendukung man­tan Gubernur DKI Jakarta.

Saat ini, ribuan kader partai berlambang Kabah yang tergabung dalam Forum Kabah Membangun (FKM) di bawah pimpinan Habil Marati sudah mende­klarasikan dukungannya kepada Anies Baswedan. Lambat laun, bila gerakan ini membesar bisa menggembosi suara PPP.

Buddykuofficial mengunggah foto Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Presiden Jokowi. Di dalamnya ada pernyataan NasDem sebut akan ada par­tai lain yang akan gabung ke barisan Anies Baswedan, berasal dari kubu Jokowi?

Baca juga : Senayan Dukung Presiden

Meski belum mendeklarasikan koalisi, baik NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Demokrat konsisten menye­but tetap akan solid dan mengusung Anies Baswedan. Deklarasi disebut-sebut ting­gal menunggu waktu yang tepat saja.

“Mengenai perkembangan yang ada, Partai lain disebut akan berlabuh untuk menjatuhkan dukungan ke Anies Baswedan,” kata Buddykuofficial.

Buddykuofficial menambahkan, Pakar Hukum Tata Negara dan Pengamat Politik Refly Harun angkat suara mengenai partai baru yang akan ikut dalam barisan Anies Baswedan. Kata Refly, PPP dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berpotensi masuk ke barisan Anies.

Baca juga : Ganjar Sedang Turun, Anies Sedang Naik

“Bisa juga yang bergabung adalah PPP. Karena kalau (PPP) gabung itu sesungguhnya tidak memengaruhi KIB. Jadi Golkar dengan 85 kursi plus PAN sudah cukup menyalonkan presiden,” jelasnya.

Fakta tersebut, kata Refly, PPP sangat bisa mengalihkan dukungan ke Anies karena dukungan akar rumput yang kuat serta komposisi syarat ambang batas KIB yang tidak adak terpengaruh seandainya memang cabut dukungan dari koalisi berbasis partai pemerintahan ini.

Selain PPP dari KIB yang punya kemungkinan mengalihkan dukungan ke Anies, maka tiga partai parlemen lain dari kubu istana yakni Gerindra, PKB, dan PDIP juga punya peluang merapat ke Anies Baswedan.

Baca juga : Sederhana Dan Merakyat, Ganjar Gaet Dukungan Komunitas Supir Truk Di Banten

Netizen mengingatkan akan berdampak buruk bagi PPP bila mencalonkan capres dari kalangan nasionalis. Kata dia, hal itu bertolak belakang dengan historis partai dan kadernya sendiri dan akan berdampak pada PPP yang bisa tidak masuk Senayan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.