Dark/Light Mode

Target 1,4 Miliar Pengunjung, Sandiaga Uno Sebut Danau Toba Akan Jadi Lokasi Event Internasional

Jumat, 23 Desember 2022 20:32 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Ist)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, untuk menarik kunjungan wisatawan, Danau Toba di Sumatera Utara bakal menjadi lokasi event internasional.

Hal ini dilakukan mengingat Danau Toba merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pernyataan tersebut diucapkan Menparekraf Sandiaga Uno usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan 5 DPSP Semester II bertemakan "Bangga Berwisata di Indonesia: Penguatan Peran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan” di The Kaldera Toba, Sumatera Utara, Rabu (21/12).

Baca juga : BNPT Tingkatkan Pengamanan PT Kilang Pertamina Internasional

“Target (pergerakan) wisatawan nusantara adalah 1,2-1,4 miliar ini akan kita tingkatkan dengan lebih banyak event di Toba ini di mana pada Februari 2023 akan ada F1H20 yang kita harapkan akan menjadi pemicu dan pemacu (pergerakan) wisatawan nusantara (ke Danau Toba)," kata Sandiaga Uno.

Dengan banyaknya event yang akan dilangsungkan di Danau Toba, Sandiaga Uno mengatakan Kemenparekraf telah menyusun beberapa program pengembangan destinasi dan infrastruktur.

Hal ini meliputi 3A (Atraksi, Akses, dan Amenitas), desa wisata, infrastruktur ekonomi kreatif, pengelolaan sampah, fasilitas BOP, bimtek destinasi, dan pendampingan assesment DAK (dana alokasi khusus) bidang pariwisata.

Baca juga : Bamsoet Dukung Bandara Hang Nadim Batam Jadi Hub Kargo Internasional

“Tiga capaian utama pengembangan lima DPSP tahun 2022 meliputi penguatan aksesibilitas dan amenitas berupa pembangunan infrastruktur fisik berupa jalan, bandara, pelabuhan, sanitasi, air bersih, dan penataan kawasan oleh Kementerian PUPR. Kemudian, pengembangan ancillary yang meliputi tersusunnya pengelolaan dan pemanfaatan aset," beber Sandiaga Uno.

Pada keesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan perbaikan kinerja pariwisata 2022 ditopang aktivitas wisata nusantara dengan pertumbuhan akomodasi dan makan minum yang meningkat, serta mobilitas di atas baseline Januari 2022.

Ekonomi Indonesia diperkirakan mampu tumbuh di atas 5 persen pada 2023. Sehingga, hal ini dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan nasional ke luar negeri.

Baca juga : Beri Pelatihan Untuk SFDA, PPPOMN Badan POM Siap Perkuat Relasi Internasional

“Untuk pengembangan lima DPSP, sekarang kami akan melakukan rapat di Jakarta. Semua investor dan mining investor wajib mementingkan aspek lingkungan," ujar Luhut.

"Kedua, dia harus membina UMKM daerah dan seluruh Indonesia terutama 5 DPSP. Ketiga masalah kebersihan, jorok tidak ada gunanya. RDF kalian buat, saya minta kepada Bupati. Keempat pendidikan itu penting,” sambung Luhut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.