Dark/Light Mode

Di Empat Daerah Otonom Baru

KPU Bangun Kantor

Selasa, 27 Desember 2022 07:40 WIB
Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU, Idham Holik. (Foto: Instagram)
Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU, Idham Holik. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Persiapan empat daerah otonomi baru (DOB) yakni Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya sudah dibangun.

Pembangunan itu untuk mendukung penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024 di empat provinsi anyar. Kantor Persiapan ini dibangun, karena belum ada kantor resmi KPU. Sebab Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) baru terbit.

“Sekretaris Jenderal KPU sudah meresmikan Sekretariat KPU Provinsi di empat DOB (daerah otonomi baru),” ujar Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU, Idham Holik kepada wartawan, belum lama ini.

Baca juga : Bos KPU Digoyang Urusan Wanita

Salah satunya yakni Kantor Persiapan KPU Provinsi PapuaBarat Daya yang baru saja diresmikan Sekretaris Jendral (Sekjen) KPU Bernard Darmawan Sutrisno di Sorong, Jumat (23/12) lalu. Dikatakan Bernard, KPU adalah instansi vertikal pertama yang diresmi­kan di empat DOB Papua.

“Saya lima hari lalu melaku­kan hal yang sama peresmiankantor KPU persiapan di Papua Pengunungan, Papua Tengah, Papua Selatan dan kini di Papua Barat Daya,” ujarnya.

Dibentuknya Kantor KPU Persiapan di empat DOB di Papua mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pemilu yang diundangkan pada 13 Desember 2022.

Baca juga : Ormas Daerah Ingin Pembangunan IKN Libatkan SDM Lokal

Sesuai dengan Perppu, KPU harus menyiapkan kelem­bagaan dan juga kantor tran­sisi. Meski masih numpang, KPU segera menyiapkan kan­tor persiapan untuk menunjang aktivitas tahapan pemilu dan pilkada.

“KPU Provinsi Papua Pegunungan numpang di kantor KPU Kabupaten Jayawijaya, KPU Provinsi Papua Selatan di kantor KPU Kabupaten Merauke, KPU Provinsi Papua Tengah di kantor KPU Kabupaten Nabire, dan KPU Provinsi Papua Barat Daya di kantor KPU Kota Sorong,” papar Bernard.

Untuk membantu tugas-tugas tahapan kepemiluan, KPU Pusat telah menunjuk tiga komisioner sementara KPU masing-masing KPU daerah. Nantinya, bangunan fisik dan personel di kantor persiapan, salah satu angga­rannya diambil dari pos dana hibah DOB.

Baca juga : Di Sumatera Barat, Ribuan Orang Berebut Salaman Dengan Erick Thohir

“Sambil menunggu persia­pan tahapan pemilu dan pilka­da yang akan berjalan, pakai dana hibah dulu. Nanti untuk pengajuan anggaran tetap dari Sekretaris KPU Provinsi Papua Barat dibantu Sekretaris KPU Kota Sorong,” tambahnya. Bernard berterima kasih ke­pada Pemerintah Daerah. Dia berarap, pemda mendukung dari sisi anggaran. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.