Dark/Light Mode

Pengamat Yakin Smart City IKN Bikin Birokrasi Pemerintah Lebih Efisien

Rabu, 4 Januari 2023 17:34 WIB
Pengamat IT Awang Muhammad Luthfi. (Foto: Istimewa)
Pengamat IT Awang Muhammad Luthfi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat IT Awang Muhammad Luthfi memberikan respons positif terhadap program Smart City dan green city yang diproyeksikan pemerintah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satu dampak positif yang ia lihat adalah kemajuan masyarakat lokal.

"Ini merupakan capaian yang luar biasa, karena SDM di Kaltim jelas akan maju dengan fasilitas dukungan infrastruktur berbasis digital atau IT dan daya dukung lingkungan alam yang asri," kata Awang dalam keterangannya kepada wartawan di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (4/1).

Baca juga : Pemerintah Gercep Atasi Keluh Kesah Dunia Usaha

Kemudian, konteks green city dan Smart City juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pencari tempat tinggal di sana. Sehingga ia berharap konsep tersebut membawa bangsa Indonesia bisa semakin berjaya di masyarakat dunia digital.

"Masyarakat Kaltim mendukung IKN Nusantara berbasis smart city dan green city. Ini sebuah hunian ibu kota negara yang ideal serta sempurna dengan fasilitas birokrasi yang efisien," ujarnya.

Baca juga : Demokrat Bosan Oposisi

Dengan demikian, ia merasa bahwa optimisme Indonesia akan semakin maju dengan IKN di Kaltim sangat tidak berlebihan. Sekaligus ia sangat mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan semua stakeholders di pemerintah dengan telah dimulainya perjalanan progres pengerjaan infrastruktur penunjang IKN di Kalimantan.

"Merasa optimistis bahwa dunia digital di wilayah Kaltim ke depan jauh lebih baik dan berkembang. Kami berharap program tersebut bisa segera terwujud secepatnya," sambung Awang.

Baca juga : DPR Sayangkan Serapan APBN Masih Rendah, Minta Pemerintah Evaluasi Belanja

Kemudian, ia juga berharap harapan besar IKN Nusantara akan rampung dikerjakan sebelum 17 Agustus 2024 bisa terealisasikan.

"Seperti yang diketahui bahwa Presiden Jokowi akan hadir dan memimpin langsung upacara 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.