Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KPK Yakini Lukas Enembe Sehat, Diimbau Berobat Di Jakarta

Kamis, 5 Januari 2023 19:44 WIB
Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka.
Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meyakini Gubernur Papua Lukas Enembe berada dalam kondisi sehat. Buktinya, Lukas Enembe bisa meresmikan Kantor Gubernur Papua dan delapan bangunan lainnya di Jayapura, Papua, Jumat, 30 Desember 2022 lalu.

"Artinya yang bersangkutan bisa jalan, bisa menyampaikan sambutan dan lain sebagainya, atau dengan kata lain bisa berpikir, tidak terganggu komunikasinya. Tentu menjadi perhatian kami," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (5/1).

Alex menegaskan, Lukas Enembe bisa berobat di Singapura, sesuai permintaan pengacaranya.

Baca juga : Selain Suap, Lukas Enembe Juga Terima Gratifikasi Miliaran Rupiah

"Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan bahwa yang bersangkutan bisa berobat di Singapura dengan didampingi petugas KPK dan yang bersangkutan statusnya harus menjadi tahanan KPK dulu, baru bisa berobat ke Singapura," ungkap dia.

Alex menyatakan, KPK sudah menawarkan Lukas Enembe untuk berobat di RSPAD Jakarta. Tim komisi antirasuah akan menjemput Lukas jika bersedia untuk berobat di Jakarta.

Jika nanti rumah sakit di Jakarta menyatakan tidak sanggup mengobati penyakit yang diderita Lukas Enembe, KPK akan memfasilitasi untuk berobat di Singapura.

Baca juga : Tugas Berat Di Depan Mata

"Tapi yang bersangkutan harus menjadi tahanan KPK, baru kami bisa memfasilitasi pengobatan-pengobatan tersebut," ulang Alex.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Penindakan KPK Asep Guntur Rahayu membenarkan Lukas Enembe dalam kondisi sehat. 

Hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kepada Lukas, di kediamannya. Asep mengaku hadir dalam pemeriksaan tersebut.

Baca juga : Dubes Jepang Untuk ASEAN Boyong Soba Master Ke Jakarta

"Waktu itu baru diperiksa hanya bagian luar saja karena tidak memungkinkan kita membawa alat yang banyak ronsen dll. Sehingga kalau dari awal ya kelihatannya dia sehat, menurut kita. Bisa wawancara," ujarnya.

Asep pun mengimbau Lukas Enembe ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan pengobatan yang lebih lengkap. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.