Dark/Light Mode

Kasus Hukumnya Di KPK Belum Jelas

Formula E Jakarta Dimulai Lagi Juni

Sabtu, 7 Januari 2023 06:40 WIB
Formula E. (Foto: Istimewa)
Formula E. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyelidikan yang dilakukan KPK ternyata tidak membuat penyelenggaran Formula E di Jakarta berhenti. Juni nanti, balapan mobil listrik itu, akan kembali digelar di Ibu Kota. Bahkan, tahun ini, Formula E Jakarta akan digelar dua putaran.

Kembali digelarnya Formula E di Jakarta diketahui dari kalender yang dikeluarkan FIA Formula E. Jakarta mendapatkan jatah menggelar balapan putaran ke-10 dan ke-11. Balapan rencananya akan digelar pada 3-4 Juni 2023.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tidak mempermasalahkan Formula E Jakarta kembali digelar. "Ya, silakan saja. Kan kontraknya business to business. Itu mirip kayak mau bikin marathon 10K. Kalau mereka merasa event itu berjalan lancar, silakan saja. Kan kontraknya sudah ada,” ucapnya, saat ditanya wartawan, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Ketua KPK Soal Formula E: Tersangka Diumumkan Kalau Ada Buktinya

Dalam balapan 2022, Anies Baswedan, yang saat itu masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, menunjuk Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni menjadi Ketua Pelaksana Formula E. Namun, Heru tidak akan melakukan hal serupa. Dia memilih menyerahkan sepenuhnya ke PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Heru beralasan, Formula E adalah ajang business to business yang menjadi ranah Jakpro. “Nggak (menunjuk ketua panitia). Itu business to business, Jakpro aja,” jawabnya.

Vice President Corporate Secretary Jakpro Syachrial Syarif mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Formula E Operation (FEO) membahas penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Syachrial bilang, format balap Formula E Jakarta masih dalam tahap penggodokan, termasuk wacana night race atau balapan malam. "Begitu juga dengan sponsor yang potensial berpartisipasi dalam event tahun ini," ucapnya.

Baca juga : Punya Pengalaman Di Level Internasional, Erick Thohir Dinilai Layak Pimpin Indonesia

Jakpro juga tengah me-review penyelenggaraan tahun lalu. Tujuannya, untuk mempelajari apa saja yang perlu diperbaiki. Syachrial meminta dukungan seluruh pihak agar perhelatan Formula E 2023 dapat berjalan lancar.

Nasib Formula E Di KPK

Di KPK, penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E jalan terus. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menyatakan, pihaknya bersikap profesional dalam menangani kasus ini. “Sejauh ini, kami masih dalam proses penyelidikan, belum pada tahap penyidikan," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.