Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bahas Reshuffle

Jokowi Diyakini Tak Akan Undang Paloh

Selasa, 10 Januari 2023 06:40 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah isu panas reshuffle, Presiden Jokowi sudah mengundang beberapa ketua umum parpol koalisi untuk ngobrol. Yang sudah diundang itu adalah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Lalu, apakah nantinya Jokowi akan manggil Ketua Umum NasDem Surya Paloh? Banyak yang meragukannya.

Sejak NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024, hubungan Jokowi dan Paloh memang renggang. Contohnya, Jokowi tak menghadiri perayaan HUT NasDem dan Paloh tak datang di resepsi pernikahan Kaesang Pangarep. Sedangkan, saat bertemu di acara HUT Golkar, Jokowi menunjukkan gestur menolak diajak rangkulan oleh Paloh.

Baca juga : Satu Abad NU, Pesan Jokowi: Gunakan Seni Budaya Sebagai Dakwah

Meski kondisinya demikian, Ketua DPP NasDem, Irma Suryani Chaniago mengklaim, hubungan Jokowi dan Paloh tidak ada masalah. Masih berteman baik.

"Soal pertemuan kan tergantung kebutuhan Presiden. Saya yakin, komunikasi beliau-beliau lancar meskipun tidak bertemu," ucap Irma, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Plate Pasrah

Dia menegaskan, NasDem setia di koalisi pemerintahan. Tidak ada yang berubah. Masih jadi pembantu Jokowi. Dia pun yakin, ke depan, Jokowi dan Paloh akan bertemu lagi.

"Insya Allah tidak ada yang tidak mungkin keduanya masih bisa bertemu. Karena sampai hari ini posisi NasDem masih dalam koalisi," jelas anggota Komisi IX DPR itu.

Baca juga : Tak Ikut Cawe-cawe, Kiai Ma'ruf Tahu Diri

Ketua DPP NasDem, Effendi Choirie alias Gus Choi, menyampaikan hal serupa. Kata Gus Choi, hubungan keduanya baik. Sekalipun diakuinya ada perbedaan pilihan perihal capres.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.