Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Direshuffle Atau Tidak

Plate Pasrah

Senin, 9 Januari 2023 08:00 WIB
Menkominfo Johnny G Plate. (Foto: Dwi Pambudo/RM).
Menkominfo Johnny G Plate. (Foto: Dwi Pambudo/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate menyerahkan nasibnya sebagai Menkominfo kepada Presiden Jokowi. Di-reshuffle atau tidak, Plate mengaku pasrah. Dia yakin, Jokowi punya pertimbangan matang dalam mengevaluasi kinerja anak buahnya.

Kepasrahan Plate itu tergambar ketika merespons pertanyaan awak media soal reshuffle, kemarin. Plate yang mengenakan kemeja warna biru dongker lengan panjang dengan motif daun dan logo NasDem yang hampir melingkar penuh di dada hingga perut itu, melemparkan senyum ketika disoal tentang reshuffle. Lagi-lagi, ia mempertegas bahwa reshuffle adalah hak prerogatif presiden.

“Hak prerogatif presiden ini dilindungi oleh konstitusi. Sehingga, semua partai harus menghormati, menjaga dan mengawal hak-hak konstitusional presiden tersebut,” kata Plate, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta.

Baca juga : Tak Ikut Cawe-cawe, Kiai Ma'ruf Tahu Diri

Ia juga mengaku enggan berandai-andai soal berapa jumlah menteri dari NasDem yang akan dicopot, termasuk kapan bocoran tanggal mainnya.

Yang jelas, reshuffle, menurutnya, bisa terjadi kapan saja. Baik akan menimpa menteri non-partai maupun menteri berlatar belakang parpol.

“Saya tidak bisa mengandai-andai,” elaknya.

Baca juga : Gantinya Juga Dari NasDem

Plate juga menegaskan bahwa Jokowi bukanlah presiden kemarin sore. Tapi sudah berpengalaman selama dua periode. Sehingga, ia mengaku tidak khawatir dengan bisikan-bisikan agar menteri dari partainya dicopot. Karena setiap keputusan yang diambil oleh Presiden tentu sudah melalui pertimbangan yang matang.

Plate juga dengan mantap menjawab bahwa partainya akan tetap mengawal pemerintahan Jokowi hingga akhir masa jabatan. Meskipun, ada kader partainya yang dicopot dari posisi menteri.

“Bang Surya sudah menyampaikan bahwa untuk periode 2024 - 2029 akan teguh menjaga konsistensi pembangunan nasional yang sudah dirintis oleh kabinet saat ini,” tuturnya.

Baca juga : Reshuffle, Jadi Nggak Sih..?

Di akhir sesi doorstop, Plate memberi catatan dalam bahasa Inggris. “The winners never quit, Quitters never win,” ucap Plate. Artinya; pemenang tidak pernah berhenti, orang yang mudah menyerah tidak pernah menang. “NasDem itu The Winner, never quite,” tegasnya.

Sebagai anggota kabinet, Plate juga menegaskan siap di-reshuffle kapan saja. Karena, menurutnya, jabatan di kabinet adalah amanah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.