Dark/Light Mode

Ini 5 Menteri Terbaik Jokowi Versi Netizen Di Penghujung 2022, Erick Thohir Nomor 1

Kamis, 12 Januari 2023 12:44 WIB
Erick Thohir. (Foto: Ist)
Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah memasuki usia tiga tahun. Keduanya melewati perjalanan yang tak mudah, tantangan datang silih berganti. Kepuasan publik juga pasang surut.

Namun secara keseluruhan, persentase kepuasan publik terhadap Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin cukup besar, sekitar 70-80 persen.

Tingginya tingkat kepuasan publik tersebut tentu tak berdiri sendiri, melainkan juga berkat kinerja apik para pembantunya.

Hal ini seperti tergambar dalam monitoring dan analisis percakapan serta pemberitaan media sosial terkait Kabinet Indonesia Maju yang dilakukan MediaWave selama periode 1-31 Desember 2022.

General Manager Analyst of MediaWave, Nadila Shabilla menuturkan, analisa tersebut dibagi menjadi 3 parameter, yaitu sentimen positif, sentimen negatif dan sentimen netral.

Dari ketiga parameter tersebut, kata dia, dibuatlah sebuah formulasi yang dinamakan ‘Enarned Media Share of Sentiment’ atau EMSS.

Baca juga : NasDem Pantang Tiru Langkah PAN

"Formula EMSS menghitung seberapa besar jumlah percakapan dan Net Sentiment terhadap menteri. Semakin besar persentase EMSS suatu menteri, artinya menteri tersebut mendapat porsi jumlah percakapan yang besar serta sentimen positif yang cukup tinggi," ujar Nadila, Kamis (12/1).

Lantas, dari hasil analisanya tersebut diperolehlah 5 daftar menteri terbaik versi netizen. Nama-nama tersebut adalah:

Erick Thohir

Di urutan pertama, ada Menteri BUMN Erick Thohir. Menteri yang disebut Jokowi jadi andalannya ini jadi yang terbaik, karena meraih EMSS sebesar 23,11 persen. Sedangkan total percakapannya sebanyak 220,518.

MediaWare mencatat beberapa top isu yang diperbincangkan netizen terkait Erick Thohir. Di antaranya, Erick Thohir mendapat penghargaan sebagai menteri terbaik dalam CNBC Indonesia Award 2022.

Lalu, ada hasil survei Poltracking Indonesia yang menempatkan Erick Thohir sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik.

Baca juga : 3 Menteri Jokowi Paling Bersinar: Prabowo, Erick, Sandi

Berikutnya, konsep ‘Festival Budaya’ yang didesain Erick Thohir dalam pernikahan Kaesang ternyata juga meraih pujian publik.

Ditambah pernyataannya bahwa PSSI mesti dibongkar total demi menciptakan ekosistem sepakbola Indonesia yang lebih baik.

Isu lain yang mendapat sentimen positif adalah kehadirannya sebagai komentator pertandingan sepakbola Piala Dunia 2022. Terakhir, ada kunjungan dan program kerja Menteri BUMN di Sumatera Barat.

Erick Thohir dinilai sebagai cawapres yang dapat memenangkan Prabowo Subianto di 2024 dalam survei lembaga SPIN.

"Ganjar Pranowo dan Erick Thohir digadang-gadang sebagai sosok pemimpin yang memikirkan rakyat dan cocok disandingkan pada Pilpres 2024," tulis Nadia.

Baca juga : Menteri Hadi: Kebijakan Jokowi Redistribusi Tanah Menguntungkan Rakyat

Tri Rismaharini

Selain Erick Thohir, ada juga nama Menteri Sosial Tri Rismaharini yang dibicarakan positif oleh netizen. Mantan Wali Kota Surabaya ini meraih skor EMSS 2,67 persen.

Total percakapan mencapai 8.750 di media sosial. Top isu yang dibicarakan di antaranya, Mensos Risma menerima penghargaan Moeslim Choice Award 2022 dari Grup Media Moslem Choice atas keberhasilan perbaikan tata kelola penyaluran bansos lebih tepat sasaran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.